Senin 19 Aug 2024 04:42 WIB

Alhamdulillah, Saudi akan Luncurkan Kereta Gantung untuk ke Gua Hira Tahun Depan

Proyek tersebut bertujuan agar memudahkan umat Islam berkunjung ke tempat bersejarah.

Rep: Muhyiddin/ Red: A.Syalaby Ichsan
Jamaah haji mendaki Jabal Nur untuk berziarah dan berdoa di Makkah, Senin (24/6/2024) menjelang Subuh. Jabal Nur menjadi tempat diturunkannya ayat pertama dalam Alquran. Ada lima ayat yang diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad melalui Malaikat Jibril. Lima ayat dalam surat Al Alaq itu turun di Gua Hira, yang terletak di puncak Jabal Nur.
Foto:

Saat Republika mengunjungi Gua Hira pada musim Haji 2024 lalu, Gua Hira terlihat ramai dikunjungi jamaah haji dari berbagai belahan dunia, termasuk jamaah dari Indonesia. Pada Senin (24/6/2024) menjelang Subuh, jamaah haji sudah tampak mulai banyak yang berjalan menuju bukit Jabal Nur. 

Dari bawah Jabal Nur, tampak pemandangan yang menakjubkan di malam hari, di mana lampu-lampu yang menggunakan tenaga surya menghiasi jalanan menuju puncak Jabal Nur. Sesuai namanya, gunung ini kini telah menjadi gunung yang dipenuhi cahaya. 

photo
Umat muslim berkunjung ke Gua Hira di Jabal Nur, Makkah, Arab Saudi, Jumat (7/6/2024). - (Karta/Republika)

Jalan menuju puncak Jabal Nur dibagi menjadi dua, ada yang berpasir dan ada jalan bertangga. Sebelum menuju puncak, jamaah haji juga melewati sebuah pos yang di dalamnya terdapat beberapa gambar di dinding yang menjelaskan tentang Jabal Nur dan Gua Hira. 

Butuh fisik yang prima dan mental yang kuat untuk menaklukkan Jabal Nur. Ada 1.420 anak tangga yang harus dinaiki. Namun, dengan adanya kereta gantung ke Gua Hira tersebut, semoga tahun depan semua jamaah haji bisa lebih mudah lagi menuju Gua Hira dan merenungkan perjuangan Nabi dalam menerima wahyu pertamanya.