Ahad 18 Aug 2024 21:25 WIB

Presiden Jokowi Dikabarkan Rombak Enam Menteri dan Kepala Badan

Yasonna Laoly siap untuk di-reshuffle, dan kabarnya digantikan Supratman Andi Atgas.

Rep: Antara/Erik PP/ Red: Erik Purnama Putra
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan merombat kabinet dan melantik kepala badan di Istana Jakarta pada Senin (19/8/2024).
Foto: Antara/Pandu Asmara Jingga
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan merombat kabinet dan melantik kepala badan di Istana Jakarta pada Senin (19/8/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) ditengarai akan merombak dan melantik sejumlah menteri dan pejabat di Istana Kepresidenan, Jakarta Pust, Senin (19/8/2024). Informasi tentang perombakan kabinet itu beredar di grup WhatsApp wartawan sejak Ahad (18/8/2024) malam WIB.

Namun belum ada pejabat pemerintah yang membenarkan hal tersebut. Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana belum menjawab ketika dikonfirmasi mengenai hal ini.

Baca Juga

Sementara Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi meminta wartawan untuk menunggu keterangan resmi terkait hal ini. "Tunggu saja keterangan resmi," kata Budi Arie dihubungi di Jakarta, Minggu malam.

Salah satu menteri yang diisukan terkena perombakan kabinet adalah Menteri Hukum dan HAM Yasonna Hamonangan Laoly. Yasonna dikonfirmasi sebelumnya menyatakan dirinya siap jika di-reshuffle dari jabatannya.

“Isu reshuffle adalah kewenangan sepenuhnya Presiden Indonesia. Am I ready or notI am more than ready (apa aku siap atau tidak? Aku sudah sangat siap)," kata Yasonna di Jakarta, Sabtu (17/8/2024).

Dari daftar yang beredar, ada enam posisi, baik menteri maupun kepala badan yang akan diganti maupun dilantik oleh Jokowi. Misalnya, politikus Partai Gerindra Supratman Andi Atgas menggantikan politikus PDIP Yasonna Hamonangan Laoly menjadi menkumham.

Posisi Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar dikabarkan digantikan oleh Raja Juli Antoni dan Menteri ESDM Arifin Tasrif yang terafiliasi dengan PDIP digantikan Bahlil Lahadalia. Adapun posisi Menteri Investasi/Kepala BKPM ditempati Rosan Perkasa Roeslani, mantan wamen BUMN dan ketua tim pemenangan Prabowo Subianto.

Jokowi juga akan melantik instansi baru yang nanti bertugas mengawal program Presiden Prabowo, yaitu kepala badan gizi. Badan gizi nanti bertugas mengawal program makan bergizi gratis bagi siswa sekolah.

1. Yasonna Laoly digantikan Supratman Andi Atgas

2. ⁠Siti Nurbaya Bakar digantikan Raja Juli Antoni

3. ⁠Arifin Tasrif digantikan Bahlil Lahadalia

4. ⁠Rosan Roeslani menjadi Menteri Investasi/Kepala BKPM

5. ⁠Prof Dadan, Kepala Badan Gizi

6. ⁠Prof Rachmat Pambudy, Kepala Badan Pangan

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement