Senin 19 Aug 2024 10:22 WIB

Hikmah Reshuffle Pejabat di Zaman Pemerintahan Umar bin Khattab

Umar bin Khattab pernah melakukan reshuffle pejabatnya.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
Umar bin Khattab (ilustrasi). Teladan dari kepemimpinan Umar bin Khattab yang melarang anak-anaknya menjadi kepala negara.
Foto:

Setelah mendengar penjelaskan Khalifah Umar, Khalid tersadar dan menerima keputusan Umar yang bijaksana itu dengan keikhlasan yang sungguh-sungguh. Khalid pun mundur dari hadapan Khalifah Umar seraya melompat lagi ke medan pertempuran dan maju menyerang musuh, tidak lagi sebagai penglima perang tetapi sebagai prajurit biasa.

Orang-orang lain terheran-heran melihatnya, mengapa setelah dipecat Khalid masih mau terjun ke medan perang. Khalid pun berseru, “Aku bertempur dan berjuang tidak karena Khalifah Umar, akan tetapi aku berjuang karena  Allah semata!.”

Seperti itu lah ekspresi dan manifestasi dari ruh tauhid sejati yang ditunjukkan Khalid bin Walid, yang bisa diteladani oleh umat Islam.  Di samping itu, ada sejumlah hikmah lainnya dari kisah dipecatnya Khalid bin Walid ini. 

Hikmah di balik dipecatnya Khalid bin Walid sebagai panglima perang oleh Khalifah Umar bin Khattab memiliki beberapa dimensi yang penting dalam konteks sejarah Islam.