Senin 19 Aug 2024 11:17 WIB

Riwayat Bahlil: 'Orang Kampung' yang Jadi Menteri ESDM

Bahlil yang merupakan aktivis HMI kini jadi menteri.

Red: Erdy Nasrul
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI Bahlil Lahadalia.
Foto: Republika/M Fauzi Ridwan
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI Bahlil Lahadalia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Empat tahun lebih berjibaku mengurus masalah investasi saat menjadi Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia kini resmi beralih jadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Bahlil awalnya dilantik sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pada 23 Oktober 2019 oleh Presiden Joko Widodo, lalu dilantik menjadi Menteri Investasi/Kepala BKPM tepat pada 28 April 2021.

Baca Juga

Kini, tepat pada 19 Agustus 2024, Bahlil bergeser ke jabatan baru sebagai Menteri ESDM Kabinet Indonesia Maju untuk sisa masa jabatan 2019-2024.

Pria kelahiran Banda, Maluku Tengah, pada 7 Agustus 1976 itu, mempunyai latar belakang sebagai pengusaha dengan memiliki 10 perusahaan di berbagai bidang di bawah bendera PT Rifa Capital sebagai induk perusahaan, mengambil sumpah sebagai Menteri ESDM menggantikan Arifin Tasrif.

Sebelum menjabat sebagai menteri, Bahlil Lahadalia pernah memimpin Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) sebagai Ketua Umum periode 2015–2019. Kepemimpinannya di HIPMI mencerminkan kepiawaiannya dalam dunia usaha dan kemampuannya memimpin organisasi besar.

Bahlil, yang sering menyebut dirinya sebagai "orang kampung," tak hanya berjaya di dunia usaha, tetapi juga pernah berkiprah di dunia politik. Perjalanannya di ranah politik dimulai ketika ia bergabung dengan Partai Golkar, di mana ia sempat menjadi kader partai tersebut.

Namun, pada 2009, Bahlil memutuskan untuk meninggalkan dunia politik partai, memilih fokus pada karirnya di sektor lain. Pengalaman lintas bidang ini menunjukkan fleksibilitas dan tekadnya untuk terus berkontribusi pada pembangunan bangsa.

Meski lahir di Maluku, Bahlil melanjutkan pendidikannya di Jayapura, Papua, dan meraih gelar sarjana dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay. Perjalanan hidupnya penuh dengan tantangan sejak masa kecil.

 

Lihat halaman berikutnya >>>

photo
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (kiri) merangkul Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia saat mengunjungi Embung MBH di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (12/8/2024). Kunjungan tersebut dilakukan sebelum berlangsungnya rapat kabinet pertama di IKN. - (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement