Senin 19 Aug 2024 14:43 WIB

RK-Suswono Didukung 12 Partai, Anies dan PDIP Hanya Jadi Penonton

PDIP selaku peraih peringkat kedua dengan 16 kursi DPRD Jakarta tak bisa mencalonkan.

Rep: Erik PP/Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Lokasi deklarasi pasangan M Ridwan Kamil-Suswono di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (19/8/2024).
Foto: Republika.co.id
Lokasi deklarasi pasangan M Ridwan Kamil-Suswono di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (19/8/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasangan M Ridwan Kamil-Suswono bakal menggelar deklarasi sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (19/8/2024). Dalam catatan Republika.co.id, RK-Suswono bakal didukung 11 partai. Baik yang memiliki kursi di DPRD DKI Jakarta maupun tidak.

Ke-12 partai itu adalah PKS, Golkar, Gerindra, PKB, PAN, Demokrat, Nasdem, PSI, PPP, Perindo, serta Gelora dan Garuda. Semuanya tercantum dalam layar deklarasi di panggung dengan tagline 'Jakarta Maju'.

Baca Juga

Adapun 10 partai pertama memiliki kursi di dewan periode 2024-2029. PKS sebagai pemilik 18 kursi atau terbanyak di Jakarta serta PPP dan Perindo masing-masing memiliki satu kursi. Adapun Gelora dan Garuda tidak memiliki kursi di DPRD Jakarta. 

Sementara itu, PDIP sebagai peraih peringkat kedua dengan 16 kursi DPRD Jakarta menjadi satu-satunya yang tidak mendukung RK-Suswono. PDIP tidak bisa mencalonkan kandidat sendiri karena kurang enam kursi untuk memenuhi ketentuan 20 persen parliamentary threshold.

Gara-gara itu pula, Anies Rasyid Baswedan tidak mendapatkan tiket untuk maju Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024. Dengan begitu, Anies dan PDIP hanya menjadi penonton pada pilkada 27 November 2027.

Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar M Ridwan Kamil menyampaikan, deklarasi dukungan dari berbagai parpol digelar di Jakarta pada Senin malam WIB. "Deklarasi kami akan dilakukan besok tanggal 19 jam 7 malam," kata Ridwan di Jakarta Pusat, Ahad (18/8/2024).

Sebelumnya, RK mengaku, siap dipasangkan dengan kader senior PKS Suswono untuk maju di Jakarta. Apalagi, Suswono memiliki pengalaman sebagai menteri pertanian periode 2009-2014. "Pak Suswono kalau itu betul, tapi saya tidak mendahului ya, saya kira saya bisa dengan mudah beradaptasi," kata RK di Jakarta Selatan.

Sementara itu, Ketua DPD Golkar DKI Jakarta Ahmed Zaki Iskandar menegaskan, partai beringin siap mendukung penuh pencalonan RK pada Pilgub Jakarta. Zaki yang sebelumnya ingin maju, mengikuti keputusan DPP untuk mendukung RK.

"Seluruh keputusan dari DPP akan kita dukung. Siapa pun calon yang ditunjuk oleh DPP menjadi bakal calon gubernur di Pilkada Jakarta, apalagi Ridwan Kamil salah satu pimpinan (Waketum) dan kader Golkar," kata Zaki di Kantor DPD Golkar DKI, Jakarta Pusat, Sabtu (17/8/2024).

PKS bersama KIM usung RK...

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement