Senin 19 Aug 2024 17:20 WIB

Anggota ID Food Gencarkan Pasar Murah di Sejumlah Provinsi

Semua produk yang dijual dalam GPM dibanderol di bawah harga pasar.

Rep: Muhammad Nursyamsi / Red: Satria K Yudha
Warga membeli bawang merah saat kegiatan Gerakan Pangan Murah di Kantor Kelurahan Kebon Baru, Tebet, Jakarta, Kamis (2/5/2024).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Warga membeli bawang merah saat kegiatan Gerakan Pangan Murah di Kantor Kelurahan Kebon Baru, Tebet, Jakarta, Kamis (2/5/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota holding BUMN pangan (ID Food), PT Rajawali Nusindo menggelar pasar murah bertajuk Gerakan Pangan Murah (GPM) dengan berkolaborasi bersama Badan Pangan Nasional. Sekretaris Korporasi Rajawali Nusindo Sofyan Effendi mengatakan perusahaan telah menggelar GPM di sejumlah provinsi di seluruh Indonesia hingga akhir Agustus 2024. 

Sofyan mengatakan pasar murah yang digelar menyediakan berbagai komoditas pangan pokok seperti beras, gula, minyak goreng, cabai, dan bawang merah. Hal ini bertujuan menjaga keterjangkauan pangan masyarakat.

"Komoditas tersebut sebagian besar merupakan hasil produksi petani lokal yang bekerja sama dengan Rajawali Nusindo," ucap Sofyan, Senin (19/8/2024).

Sofyan menjelaskan, partisipasi Rajawali Nusindo dalam GPM telah dilaksanakan secara bertahap sepanjang tahun ini. Pada Januari, kegiatan Rajawali Nusindo berpartisipasi sebanyak 29 kali di dua provinsi dan lima kabupaten/kota.

Kemudian, pada Maret meningkat menjadi 72 kali di 11 provinsi terdiri dari 12 kabupaten dan 60 kota. Pada April, kegiatan ini dilaksanakan sebanyak 42 kali di 8 provinsi terdiri dari 18 kabupaten dan 34 kota, sedangkan pada Mei dan Juni masing-masing digelar 17 kali dan 1 kali.

Semua produk yang dijual dalam GPM dibanderol di bawah harga pasar atau sesuai dengan Harga Acuan Pembelian/Penjualan (HAP) dan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang telah ditetapkan.  "Hal ini sejalan dengan tujuan utama GPM, yaitu menyediakan pangan murah bagi masyarakat," kata Sofyan. 

Sofyan menyebut komitmen ini membuktikan komitmen keseriusan Rajawali Nusindo dalam menjaga stabilitas harga pangan dan memenuhi kebutuhan pangan pokok masyarakat luas melalui program operasi pasar murah. Program ini akan terus dilakukan untuk kemudahan masyarakat Indonesia memperoleh komoditas pangan pokok dengan harga wajar dan berkualitas.

 

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement