Senin 19 Aug 2024 20:32 WIB

Hikmah Reshuffle Pejabat Dzalim di Masa Umar bin Abdul Azis

Umar bin Abdul Azis melakukan reshuffle para pejabatnya.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
Kisah Umar bin Abdul Aziz Takut Peluang Korupsi (ilustrasi)
Foto: wikipedia
Kisah Umar bin Abdul Aziz Takut Peluang Korupsi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Kisah Umar bin Abdul Aziz menghukum pejabat yang zalim adalah salah satu contoh kepemimpinan adil yang ditunjukkannya selama masa kekhalifahannya. Umar bin Abdul Aziz, yang dikenal sebagai khalifah dari Dinasti Umayyah yang sangat adil dan bijaksana, selalu berusaha menegakkan keadilan dan memberantas kezaliman, termasuk dari kalangan pejabatnya sendiri.

Salah satu kisah yang terkenal adalah tentang seorang pejabat di Mesir yang bertindak sewenang-wenang dan menindas rakyat. Dalam Biografi Umar bin Abdul Aziz, Abdullah bin Abdul Hakam menjelaskan, pejabat bidang perpajakan Mesir yang kejam itu bernama Usamah bin Zaid di Tanukhi.

Baca Juga

Dengan sesuka hati, pejabat itu menghukum rakyat tanpa memakai hukum yang diturunkan Allah. Dia terlihat memotong tangan rakyat, padahal bertentangan dengan maksud perintah Allah.

Ketika berita tentang kezaliman gubernur ini sampai ke telinga Umar bin Abdul Aziz, ia segera mengambil tindakan tegas. Umar bin Abdul Aziz mengirimkan surat kepada pejabat tersebut, memerintahkannya untuk memperbaiki sikapnya dan berhenti melakukan kezaliman. Namun, pejabat tersebut tidak mengindahkan perintah itu dan tetap melanjutkan tindakan zalimnya.