Selasa 20 Aug 2024 10:25 WIB

Lomba Tidur Nasional: Dalam Islam Tidur adalah Kenikmatan dari Allah, Apa Maksudnya?

Tidur memiliki banyak hikmah dan manfaat.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Seorang wanita tidur menggunakan penutup mata atau masker mata (ilustrasi). Dalam Islam Tidur adalah Kenikmatan dari Allah, Apa Maksudnya?
Foto:

Adapun yang di balik itu, mereka tidak mengetahui atau mempercayainya, atau karena mereka materialistis, yang hanya melihat kepada materi saja. Mereka bergaul dengan manusia hanyalah atas dasar materi.

Apabila tidur dianggap sebagai nikmat yang nyata, maka sesungguhnya Allah telah menyediakan malam sebagai waktu yang tepat untuknya. Tidur adalah nikmat yang jelas, seperti dalam firman Allah:

قُلْ اَرَءَيْتُمْ اِنْ جَعَلَ اللّٰهُ عَلَيْكُمُ النَّهَارَ سَرْمَدًا اِلٰى يَوْمِ الْقِيٰمَةِ مَنْ اِلٰهٌ غَيْرُ اللّٰهِ يَأْتِيْكُمْ بِلَيْلٍ تَسْكُنُوْنَ فِيْهِ ۗ اَفَلَا تُبْصِرُوْنَ ٧٢ (القصص)

Artinya: "Katakanlah (Muhammad), “Bagaimana pendapatmu, jika Allah menjadikan untukmu siang itu terus-menerus sampai hari Kiamat. Siapakah tuhan selain Allah yang akan mendatangkan malam kepadamu sebagai waktu istirahatmu? Apakah kamu tidak memperhatikan?” (QS al-Qasas [28]: 72)