Selasa 20 Aug 2024 16:26 WIB

Kolaborasi dengan Perguruan Tinggi, Pos Indonesia Luncurkan PosAja UMKM Centre di UGM

UMKM memiliki peran sebagai tulang punggung perekonomian negara.

Rep: Tubagus Abyan Ammar/Muhammad Gavindra Pratama/ Red: Fernan Rahadi
Peluncuran PosAja UMKM centre di Kampus UGM, Senin (19/8/2024).
Foto: dokpri
Peluncuran PosAja UMKM centre di Kampus UGM, Senin (19/8/2024).

REPUBLIKA.CO.ID,  YOGYAKARTA - Pos Indonesia terus menunjukkan komitmennya dalam mengambangkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia. Kali ini ditunjukkan melalui diluncurkannya PosAja UMKM Centre di Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta.

Peluncuran PosAja UMKM Centre dilakukan bertepatan dengan pelaksanaan Dies Natalis ke-57 Fakultas Filsafat UGM, Senin 19 Agustus 2024. Acara ini dihadiri oleh Senior Vice President SVP Retail Business Pos Indonesia W Lily Selanno, Dekan Fakultas Filsafat UGM Siti Murtiningsih,  dan jajaran manajemen Pos Indonesia lainnya.

Senior Vice President SVP Retail Business Pos Indonesia W Lily Selanno mengatakan, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran sebagai tulang punggung perekonomian negara.

"UMKM merupakan tulang punggung perekonomian negara. Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban kita bersama untuk memberikan dukungan dan fasilitas yang memadai bagi para pelaku UMKM untuk terus tumbuh dan berkembang," ujar dia.

Menurut dia, launching PosAja UMKM Centre Pos Indonesia merupakan komitmen membangun 200 UMKM Centre yang tersebar di seluruh Indonesia pada tahun 2024. Pembangunan ini diharapkan dapat menjadi sarana penting dalam meningkatkan kualitas UMKM.

Langkah ini sejalan dengan tiga pilar utama pengembangan UMKM Pos Indonesia yaitu peningkatan keterampilan (skill up), perdagangan (commerce up), dan logistik (logistics up).

Lebih lanjut Lily mengatakan, kolaborasi dengan UGM sebagai pusat pendidikan tinggi terkemuka di Indonesia diharapkan dapat menghasilkan sinergi positif. Sehingga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi baik di tingkat daerah maupun nasional.

"Universitas Gadjah Mada sebagai pusat pendidikan tinggi terkemuka telah melahirkan banyak inovasi dan wirausaha muda. Kolaborasi antara Pos Indonesia dan UGM ini diharapkan dapat menghasilkan sinergi yang positif dalam mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional," tambahnya.

Peluncuran PosAja UMKM Centre ini, lanjut Lily bukan hanya sekedar peresmian sebuah tempat, tetapi juga menjadi pusat inovasi, inkubasi bisnis, dan pemberdayaan masyarakat. Dengan fasilitas dan layanan yang terintegrasi, para pelaku UMKM diharapkan dapat mengembangkan bisnis mereka dengan lebih efektif dan efisien.

Pembukaan PosAja UMKM Centre ini merupakan tonggak sejarah baru bagi Pos Indonesia dan Universitas Gadjah Mada. Kolaborasi antara dunia usaha dan akademisi ini diharapkan dapat menjadi katalisator dalam mendorong pertumbuhan UMKM di Indonesia, khususnya di wilayah Yogyakarta.

“Saya yakin, dengan dukungan dari seluruh pihak, PosAja UMKM Centre ini akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru yang akan memberikan manfaat bagi masyarakat luas," pungkas dia.

Peluncuran ini menandai langkah maju yang signifikan dalam upaya pemberdayaan UMKM di Indonesia. Harapan dapat memberikan dampak positif jangka panjang bagi perekonomian nasional.

Dekan Fakultas Filsafat UGM Dekan Fakultas Filsafat UGM Dr. Rr. Siti Murtiningsih, S.S., M.Hum, mengapresiasi diluncurkannya PosAja UMKM Centre di Fakultas Filsafat UGM. Fasilitas ini merupakan komitmen bersama antara Pos Indonesia dan UGM mendorong kemajuan pelaku usaha di Indonesia.

“Kami menyambut baik kerja sama dengan Pos Indonesia dalam rangka mendorong UMKM di Indonesia. Semoga kolaborasi ini akan memberi dampak positif bagi masyarakat,” katanya.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement