Selasa 20 Aug 2024 17:53 WIB

Anda Lulusan Luar Negeri Keagamaan? SIPIKO Hadir Mudahkan Penyetaraaan Ijazah

Penyetaraan Ijazah luar negeri keagamaan bisa melalui aplikasi

Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Pesantren Mahasiswa. Penyetaraan Ijazah luar negeri keagamaan bisa melalui aplikasi
Foto: Republika/Prayogi
Ilustrasi Pesantren Mahasiswa. Penyetaraan Ijazah luar negeri keagamaan bisa melalui aplikasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Bagi lulusan perguruan tinggi keagamaan luar negeri, kini semakin mudah melakukan penyetaraan ijazah.

Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis), Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI terus melakukan peningkatan pelayanan, salah satunya melalui pengembangan berbagai aplikasi yang mempermudaah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan sesuai kebutuhan di era digital saat ini.

Baca Juga

Dalam rangka peningkatan Layanan Penyetaraan Ijazah Lulusan Perguruan Tinggi Bidang Keagamaan Islam Luar Negeri dan Konversi IPK, Diktis mengembangkan layanan daring (online) melalui Sistem Aplikasi Penyetaraan Ijazah Luar Negeri yang disingkat "SIPIKO" yang dapat diajukan oleh lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri Program Studi Islam melalui: _Pusaka Kemenag Super Apps/Layanan Pendidikan Tinggi Islam/Perizinan/Penyetaraan Ijazah._

Dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (20/8/2024), Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Ahmad Zainul Hamdi di Jakarta, mengatakan dalam era digital yang semakin maju, aplikasi telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia.

“Aplikasi memudahkan manusia dalam menjalankan tugas-tugas sehari-hari, menghubungkan manusia satu sama lain, serta menyediakan layanan bagi pengguna, tanpa adanya aplikasi, kehidupan manusia akan menjadi rumit dan sulit," ujar dia.

Dia menjelaskan, layanan daring SIPIKO ini meliputi penyetaraan Ijazah dan Konversi nilai IPK bagi lulusan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Luar Negeri.

 

Dimana dengan adanya SIPIKO ini, nantinya dapat membantu dalam beberapa aspek, di antaranya yakni kemudahan akses, aplikasi memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi atau layanan hanya dengan beberapa sentuhan jari di perangkat mobile atau tablet pemohon, dan efisiensi, aplikasi dapat membantu pengguna dalam menghemat waktu dan usaha dengan menyelesaikan aktivitas pengajuan dengan cepat dan mudah.

"Layanan ini diharapkan dapat merampingkan proses pengajuan sampai ke outputnya, yakni SK Penyetaraan Ijazah dan SK Konversi, mengotomatiskan tugas masing-masing akun pada setiap tahapan, dan menghasilkan peningkatan efisiensi waktu," kata dia.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement