Selasa 20 Aug 2024 18:46 WIB

Mahmoud Abbas Ingin Kunjungi Gaza, Minta Ijin kepada Israel

Palestina telah meminta agar Abbas dapat memasuki kota lewat pos pemeriksaan Israel.

Red: A.Syalaby Ichsan
Presiden Palestina Mahmoud Abbas
Foto: EPA-EFE/ALAA BADARNEH
Presiden Palestina Mahmoud Abbas

REPUBLIKA.CO.ID,TELAVIV  Otoritas Nasional Palestina (PNA) telah meminta izin kepada pihak berwenang Israel agar Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, dapat mengunjungi Gaza dalam waktu dekat, lapor laman Walla, mengutip sumber-sumber yang terinformasi.

Abbas mengumumkan pada 15 Agustus bahwa ia berniat untuk mengunjungi jalur Gaza. Menurut portal tersebut, Sekretaris Jenderal Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), Hussein al-Sheikh, telah mengirimkan surat terkait kepada kepala Dewan Keamanan Nasional Israel, Tzachi Hanegbi.

Baca Juga

Pihak Palestina telah meminta agar Abbas dapat memasuki kota melalui salah satu pos pemeriksaan Israel, bukan melalui pos perbatasan Rafah yang berada di perbatasan antara jalur Gaza dan Mesir.

Seperti yang dijelaskan Walla, Abbas berharap Israel menolak permintaan ini sehingga dapat digunakan untuk mengkritik negara Yahudi tersebut pada masa depan. Di sisi lain, menurut portal tersebut, jika Israel memberikan izin masuk ke Gaza, hal ini akan menjadi kemenangan politik yang signifikan bagi Abbas atas gerakan Palestina Hamas. Hal tersebut dinilai juga akan menjadi sinyal kemungkinan kembalinya Otoritas Palestina ke wilayah Palestina tersebut.