Selasa 20 Aug 2024 22:35 WIB

Cara Warga Gaza Menggantikan Fungsi Kulkas untuk Mendinginkan Air Minum

Warga Gaza bertahan hidup dari ancaman kelaparan

Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi pembuatan tembikar. Warga Gaza bertahan hidup dari ancaman kelaparan
Foto:

Para dokter menduga bahwa bayi baru lahir tersebut menunjukkan gejala yang mirip dengan polio. Pemeriksaan yang dilakukan di Amman mengonfirmasi bahwa bayi tersebut tertular jenis virus polio yang berasal dari vaksin (VDPV).

Kemenkes mengonfirmasi bahwa pihaknya akan mengadakan kampanye vaksinasi polio dalam beberapa hari ke depan yang menargetkan anak-anak di bawah usia 10 tahun, dengan mencatat bahwa 1,2 juta dosis vaksin polio tipe 2 sudah diamankan melalui koordinasi dengan Badan PBB untuk Anak-anak (UNICEF) dan upaya untuk mengamankan 400 ribu dosis sedang dilakukan.

Pihaknya juga menekankan bahwa Jalur Gaza sedang menghadapi bencana kesehatan akibat dari agresi genosida Israel yang masih berlangsung.

Menurutnya, selain krisis air bersih dan perlengkapan kebersihan serta perlengkapan sanitasi, jasa air limbah dan penumpukan sampah di jalanan dan di sekitar pengungsian telah menciptakan lingkungan yang mendukung penyebaran banyak epidemi, termasuk penyakit yang ditularkan lewat air, seperti VDPV.