Rabu 21 Aug 2024 00:12 WIB

Laporan: Lobi Yahudi Habiskan Ratusan Juta Rupiah Jamu Eks Mendagri Inggris ke Israel

Israel melakukan berbagai cara dalam strategi Hasbara merek

Red: Nashih Nashrullah
Eks Menteri Dalam Negeri Inggris Suella Braverman.
Foto:

Upaya lobi Yahudi itu tak terlepas dari strategi Hasbara Zionis Israel. Diilansir dari laman The New Arab, nama strategi propaganda itu diambil dari bahasa Ibrani, Hasbara, yang berarti 'menjelaskan.'

Bukan baru-baru ini, perancangannya sudah dimulai sejak awal abad ke-20 M, terutama melalui jejak-jejak pemikiran Nahum Sokolow, seorang aktivis dan jurnalis zionis berkebangsaan Polandia.

Hasbara cenderung menyerupai pelbagai bentuk propaganda politik di era modern. Namun, seiring perkembangan ekspansi Israel di bumi Palestina, praktik-praktik strategi ini terus berubah. Pemerintah Israel sering memanfaatkannya secara kasus per kasus, terutama untuk merekayasa dalih atau pembenaran atas aksi-aksi kolonialnya.

photo
Tumbangnya Narasi Israel - (Republika)

Hasbara menggunakan pelbagai cara untuk membangun citra diri Israel, termasuk dengan memanfaatkan pembuatan konten-konten video, infografis, dan posting di media-media sosial. Walau tak diakui secara terbuka, zionis pun merekrut para influencers yang memiliki banyak pengikut di jagad maya.