Rabu 21 Aug 2024 05:17 WIB

Apa yang Terjadi pada Jenazah Orang Munafik setelah Dikubur?

Nabi Muhammad SAW menjelaskan ciri-ciri orang munafik.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Kuburan (Ilustrasi)
Foto: rawstory
Kuburan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Nabi Muhammad SAW menjelaskan ciri-ciri orang munafik. Yaitu, jika berbicara selalu berdusta, jika berjanji selalu ingkar, dan jika dipercaya selalu berkhianat. Dalam sebuah hadits lain, diriwatakan bahwa orang munafik setelah dikubur akan didatangi malaikat dan jenazahnya akan dihimpit oleh bumi akibat dosa-dosa yang diperbuat olehnya.

Dalam kitab Sunan Tirmidzi ada sebuah hadis yang menceritakan orang yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT dan Rasul-Nya, di dalam kubur akan ditidurkan sampai Allah SWT membangunkannya. Sementara, orang munafik akan dijepit oleh Bumi hingga tulang rusuknya remuk.

Baca Juga

Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Apabila mayit telah dikuburkan (salah satu di antaramu dikuburkan) maka datanglah dua malaikat yang hitam dan biru. Salah satunya bernama Munkar dan yang kedua Nakir."

"Kedua malaikat itu berkata: Apa yang kamu katakan tentang lelaki ini (Nabi Muhammad SAW)?"

"Mayit menjawab seperti sebelum ia mati: Muhammad adalah hamba dan utusan Allah, aku bersaksi bahwa tiada Dzat yang berhak diibadahi selain Allah dan Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya."

"Kedua malaikat itu berkata lagi: Kami tahu engkau akan berkata begitu."

"Kemudian diluaskanlah kuburannya, lebar dan panjangnya tujuh puluh hasta serta diterangi cahaya. Lalu diucapkan kepadanya: tidurlah."

"Mayit itu berkata: Aku mau pulang kepada keluargaku dan memberitahukan (keadaanku) kepadanya."

"Kedua malaikat berkata: Tidurlah seperti tidurnya pengantin yang tidak dibangunkan kecuali oleh keluarganya yang paling dicintainya, sampai Allah membangunkannya dari tempat pembaringannya itu."

"Kalau mayit itu orang munafik, maka ia akan menjawab dengan berkata: Aku mendengar orang-orang mengatakan demikian, maka akupun mengatakan seperti yang mereka katakan. Aku tidak tahu."  

"Kedua malaikat itu berkata: Aku tahu kamu akan menjawab seperti itu. Lalu dikatakan kepada bumi: Jepitlah dia (orang munafik)."

"Maka bumi menjepitnya sehingga tulang rusuknya remuk dan ia terus menerus dalam siksaan tersebut sampai Allah membangunkannya dari tempat siksaannya itu." (HR Imam Tirmidzi)

Mengenai ciri-ciri atau tanda-tanda orang munafik, Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Di antara tanda-tanda orang munafik ada tiga, apabila dia berbicara niscaya dia berbohong, apabila dia berjanji niscaya mengingkari, dan apabila dia dipercaya niscaya dia berkhianat." (HR Imam Muslim)

Alquran juga menjelaskan ciri-ciri orang munafik, yakni mereka mengaku beriman kepada Allah dan Rasul-Nya. Tapi perbuatan mereka bertentangan dengan ajaran Islam yang disampaikan Rasul-Nya. Hal ini dijelaskan dalam Surah An-Nur Ayat 47 dan tafsirnya.

وَيَقُوْلُوْنَ اٰمَنَّا بِاللّٰهِ وَبِالرَّسُوْلِ وَاَطَعْنَا ثُمَّ يَتَوَلّٰى فَرِيْقٌ مِّنْهُمْ مِّنْۢ بَعْدِ ذٰلِكَۗ وَمَآ اُولٰۤىِٕكَ بِالْمُؤْمِنِيْنَ

Mereka (orang-orang munafik) berkata, "Kami telah beriman kepada Allah dan Rasul (Nabi Muhammad) dan kami menaati (keduanya)." Kemudian, sebagian dari mereka berpaling setelah itu. Mereka itu bukanlah orang-orang mukmin. (QS An-Nur: 47)

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement