Rabu 21 Aug 2024 10:02 WIB

Viral Lomba Panjat Pinang Berhadiah 'Janda' Cianjur, Ternyata Laora (Lanang Ora Wedok Ora)

Video panjat pinang berhadiah 'janda' di Cianjur viral di media sosial.

Red: Karta Raharja Ucu
Viral video perlombaan panjat pinang berhadiah janda.
Foto: Tangkapan Layar
Viral video perlombaan panjat pinang berhadiah janda.

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Sebuah video dan foto beredar luas di media sosial selama periode HUT Kemerdekaan ke-79 RI, di mana digelar lomba panjat pinang dengan hadiah janda. Lomba tersebut diketahui digelar di Kampung Lembur Tengah, Desa Solokpandan, Kecamatan Cianjur, Cianjur, Jawa Barat.

Dalam video dan foto-foto yang beredar diperlihatkan sejumlah pria memanjat tiang atau pohon pinang yang posisinya menyerong di atas sebuah kolam. Di ujung tiang tersebut terduduk seseorang yang berpenampilan perempuan dengan kerudung dan pakaian merah seraya memegang payung.

Narasi dalam video tersebut disebutkan, perempuan tersebut disebut sebagai hadiah bagi peserta panjat pinang yang berhasil memenangkan lomba. Selain sosok perempuan, di ujung tiang juga terdapat beragam hadiah lainnya.

Namun ternyata sosok perempuan di ujung tiang ternyata hanya 'gimmick'. Sosok berpakaian merah tersebut adalah seorang pria yang berdandan dan berpakaian perempuan.

Bagi peserta yang berhasil mencapai puncak akan mendapatkan hadiah berupa yang tunai. Panitia juga menyediakan beragam hadiah bagi peserta.

Dikecam Netizen

Lomba panjat pinang tersebut sempat mendapatkan kecaman dari netizen. Ada yang menyebut perlombaan itu melecehkan martabat perempuan. Namun ada tidak sedikit netizen yang justru sadar jika lomba tersebut hanya guyonan lantaran sosok 'janda' yang duduk di ujuang tiang ternyata seorang pria.

"Kukira Yanti, ternyata Yanto," tulis seorang netizen.

"Itu Laora, lanang orang, wedok ora," tulis netizen lainnya.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement