Rabu 21 Aug 2024 11:32 WIB

Kuasa Hukum Dokter ARL Sebut Keluarga tak Dilibatkan dalam Investigasi Undip

Undip membantah bunuh diri ARL akibat perundungan seniornya.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Qommarria Rostanti
Suasana Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (15/8/2024). Kuasa hukum dokter ARL menyebut pihak keluarga tak dilibatkan dalam kasus investigasi Undip.
Foto: Republika/Kamran Dikarma
Suasana Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (15/8/2024). Kuasa hukum dokter ARL menyebut pihak keluarga tak dilibatkan dalam kasus investigasi Undip.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Kuasa hukum keluarga dokter Aulia Risma Lestari (ARL), Susyanto, mengatakan, pihak keluarga ARL tidak dilibatkan dalam proses investigasi internal Universitas Diponegoro (Undip) yang bertujuan mengungkap penyebab meninggalnya dokter muda berusia 30 tahun tersebut. ARL diduga bunuh diri karena mengalami perundungan dari para seniornya ketika tengah menempuh Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Anestesia di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr.Kariadi Semarang.

"Belum ada sama sekali konfirmasi ke kami," ujar Susyanto kepada media pada Selasa (20/8/2024) malam ketika ditanya apakah pihak Undip turut menggali keterangan pihak keluarga ARL dalam proses investigasi internalnya.

Baca Juga

Namun dia enggan mengomentari lebih jauh perihal investigasi internal Undip terkait kematian ARL. "Mohon maaf itu bukan domain kami ya. Tapi kewenangan mereka (Undip) untuk statement seperti itu. Kepentingan dan maksudnya apa, yang tahu mereka. Tanyakan ke pihak Undip saja," ucap Susyanto.

Undip diketahui telah merilis keterangan pers terkait kematian ARL. Dalam pernyataannya, Undip, yang mengeklaim sudah melakukan investigasi internal, membantah bahwa meninggalnya ARL terkait dengan dugaan perundungan yang dialaminya ketika melaksanakan PPDS Anestesia di RSUP Dr.Kariadi. Undip menerbitkan keterangan persnya pada 15 Agustus. Sementara ARL ditemukan tak bernyawa di kamar kosnya di Lempongsari pada 12 Agustus 2024, sekitar pukul 23.00 WIB.