Rabu 21 Aug 2024 15:26 WIB

Unisba Kembali Gelar SPeSIA, Rektor: Tradisi Akademik yang Islami

Rektor berharap, SPeSIA ini tak hanya menjadi sekedar prasyarat untuk kegiatan saja

Red: Arie Lukihardianti
Rektor Unisba, Prof Dr H Edi Setiadi, SH
Foto: Dok Republika
Rektor Unisba, Prof Dr H Edi Setiadi, SH

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Untuk menyebarluaskan hasil penelitian, Unisba kembali menggelar Seminar Penelitian Sivitas Akademika (SPeSIA) Gelombang I TA 2023/2024 yang dilaksanakan secara online melalui Zoom Meeting, Selasa (20/8/2024).

Menurut Rektor Unisba, Prof Dr H Edi Setiadi, SH MH, kegiatan SPeSIA ini adalah tradisi akdemik Unisba yang merupakan tradisi Islami dan tradisi Qurani yang terus dilestarikan berlandaskan pada perintah Allah SWT kepada Rasulullah untuk iqra atau baca/belajar.

Baca Juga

“Membaca itu jalan untuk belajar. Jadi kegiatan apapun yg berbau akademik itu merupakan tradisi Unisba dan tradisi Islami. Makanya SPeSIA ini adalah puncak dari  kegiatan ilmiah yang pesertanya mahasiswa dan merupakan tradisi Qurani yang harus dilestarikan,” ujar Prof Edi.

Rektor pun mengutip QS Al Mujadilah ayat 11 bahwa dengan melestarikan kegiatan SPeSIA ini maka janji-janji Allah SWT untuk meninggikan derajat karena berilmu dapat terwujud. “Sehingga tidak aneh jika kegiatan SPeSIA ini tradisi yang harus dilestarikan karena merupakan perintah Al Quran bahwa banyak janji-janji Allah yang ditepati kalau kita belajar,” katanya.