Rabu 21 Aug 2024 17:36 WIB

Viral di X Mahasiswa Unnes Disebut Perkosa Seorang Gadis, Ini Kata Kampus

Unnes sedang menyelidiki kasus tersebut.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Karta Raharja Ucu
Ilustrasi pemerkosaan. Mahasiswa Unnes disebut menjadi pelaku pemerkosaan dan ramai di media sosial X.
Ilustrasi pemerkosaan. Mahasiswa Unnes disebut menjadi pelaku pemerkosaan dan ramai di media sosial X.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Media sosial X dihebohkan viralnya cerita atau utas yang menyebut dugaan kekerasan seksual yang dilakukan mahasiwa Universitas Negeri Semarang (Unnes). Kampus pun sedang menyelidiki kasus tersebut.

Kepala Humas Unnes Rachmat Petuguran mengungkapkan, sejak utas tentang dugaan kekerasan seksual yang dilakukan mahasiswanya viral di platform X pada Selasa (20/8/2024) malam, Unnes langsung memberikan perhatian serius. "Pada Selasa (20/8) malam Tim Kemahasiswaan langsung menggali informasi melalui pemilik akun @araoulette dan mengupayakan pertemuan dengan korban agar dapat memperoleh informasi lebih detail. Pertemuan direncanakan dilakukan pada Rabu (21/8) siang," ungkap Rachmat melalui keterangan tertulisnya, Rabu (21/8/2024).

Tim Etik Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), Tim Seksi Kemahasiswaan Unnes, dan Tim Etik Unnes, kata dia, turut menggali informasi dari berbagai sumber agar memperoleh informasi yang benar dan berimbang. Pada Rabu (21/8/2024) pukul 08.00 WIB, Tim Etik FIK telah menghubungi terduga pelaku untuk mendapatkan informasi lebih detail. "Komunikasi juga dilakukan melalui orang tau terduga pelaku," ucap Rachmat.

Dia mengatakan, Tim Etik FIK akan mendalami dan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber. Hal itu guna memastikan kesahihan informasi dan memperoleh informasi secara berimbang.