Rabu 21 Aug 2024 19:43 WIB

Partai Buruh Tawarkan Tiga Pendamping Anies: Semuanya Kader PDIP

Anies sudah lama didukung dan jadi salah satu kandidat yang disuarakan akar rumput.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Erik Purnama Putra
Partai Buruh resmi mengusung Anies Rasyid Baswedan maju Pilgub DKI Jakarta 2024.
Foto: Republika/Flori sidebang
Partai Buruh resmi mengusung Anies Rasyid Baswedan maju Pilgub DKI Jakarta 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Buruh resmi mendeklarasikan untuk mengusung Anies Rasyid Baswedan sebagai calon gubernur (cagub) Jakarta 2024. Partai Buruh sekaligus menawarkan tiga nama calon pendamping Anies.

Sekretaris Jenderal DPP Partai Buruh, Ferri Nuzarli menyebut, tiga calon wakil gubernur (cawagub) yang disodorkan adalah eks gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, mantan gubernur Banten Rano Karno, dan eks wali kota Semarang Hendrar Prihadi. Ketiganya merupakan kader PDIP.

Baca Juga

"SK keempat calon gubernur Anies Baswedan, calon wakil gubernur kami kosongkan menunggu perkembangan politik sampai dengan 26 Agustus 2024," kata Ferri dalam konferensi pers di Jakarta pada Rabu (21/8/2024).

Pengajuan empat opsi itu tercantum dalam surat keputusan yang dibuat Partai Buruh guna mendukung Anies. Ferri menyebut, pengusungan Anies sebagai cagub didasarkan keputusan Exco Pusat Partai Buruh.

"Anies sudah lama didukung dan menjadi salah satu kandidat yang disuarakan akar rumput karena dinilai berhasil menunjukkan keberpihakan terhadap kaum buruh," ujar Ferri.

Nama Anies santer disebut akan maju pada Pilgub Jakarta 2024. Hal itu memungkinkan dengan merujuk putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terbaru soal gugatan UU Pilkada yang dimohonkan Partai Buruh dan Partai Gelora.

Walau demikian, upaya tersebut berpotensi diganjal hasil rapat Baleg DPR pada hari ini yang melawan putusan MK. Adapun sampai hari ini, Anies juga belum memutuskan merapat ke partai manapun di Pilgub Jakarta 2024.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement