Kamis 22 Aug 2024 08:08 WIB

Bahkan Malaikat tak Sudi Firaun Bertobat

Hanya di saat detik-detik menjelang mati, Firaun berseru ingin tobat kepada Allah.

Red: Hasanul Rizqa
Firaun. Bahkan Malaikat tak Sudi Firaun Bertobat
Firaun. Bahkan Malaikat tak Sudi Firaun Bertobat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak ayat Alquran mengisahkan sosok Firaun, yakni raja Mesir yang tiran dan berbuat zalim kepada orang-orang beriman. Allah SWT mengutus Nabi Musa dan saudaranya, Nabi Harun, untuk mendakwahi penguasa tersebut.

Bukannya langsung bertobat, Firaun terus saja mengingkari dakwah Nabi Musa dan Harun. Bahkan, sesudah menyaksikan sendiri sejumlah mukjizat sang nabi, raja Mesir ini tetap dalam sikapnya yang angkuh.

Baca Juga

Allah lalu menurunkan azab-Nya kepada sosok penindas Bani Israil tersebut. Firaun dan balatentaranya tenggelam di Laut Merah saat sedang mengejar Nabi Musa dan umat beliau.

Di detik-detik akhir hidupnya, Firaun sempat mengucapkan kesaksian yang penting. Ia mengucapkan syahadat, "Aku beriman bahwa tiada tuhan selain Zat Yang diimani oleh kaum Bani Israil.”

Namun, sebelum tuntas menyelesaikan kalimat syahadat, mulut pemimpin zalim ini sudah disumpal dengan tanah. Yang melakukannya adalah Malaikat Jibril.

Fakta ini terungkap dalam sebuah hadis Nabi Muhammad SAW. Seperti diriwayatkan oleh al-Tirmidzi dari jalur Ibnu ‘Abbas, Rasulullah SAW pada suatu ketika mengisahkan perihal Firaun kepada para sahabat beliau.

"Pada waktu Allah menenggelamkan Firaun, ia mengucapkan, “Aku beriman bahwa tiada tuhan kecuali yang diimani kaum Bani Israil” (seperti disebut dalam Alquran surah Yunus ayat ke-90 --Red)."

Kemudian, Malaikat Jibril datang kepada Nabi SAW dan berkata, “Wahai Muhammad, seandainya saja engkau melihatku! Waktu itu, aku mengambil tanah hitam dari dasar lautan dan memasukkannya ke dalam mulut Firaun. Sebab, aku takut ia akan diliputi oleh rahmat (karena mengucapkan kalimat tauhid).”

Dalam riwayat lain, disebutkan sebagai berikut. Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya, Malaikat Jibril memasukkan tanah ke dalam mulut Firaun karena takut ia mengucapkan 'Laa ilaaha illa Allah' atau Jibril takut Allah akan merahmatinya."

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
فَاِنْ حَاۤجُّوْكَ فَقُلْ اَسْلَمْتُ وَجْهِيَ لِلّٰهِ وَمَنِ اتَّبَعَنِ ۗوَقُلْ لِّلَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ وَالْاُمِّيّٖنَ ءَاَسْلَمْتُمْ ۗ فَاِنْ اَسْلَمُوْا فَقَدِ اهْتَدَوْا ۚ وَاِنْ تَوَلَّوْا فَاِنَّمَا عَلَيْكَ الْبَلٰغُ ۗ وَاللّٰهُ بَصِيْرٌۢ بِالْعِبَادِ ࣖ
Kemudian jika mereka membantah engkau (Muhammad) katakanlah, “Aku berserah diri kepada Allah dan (demikian pula) orang-orang yang mengikutiku.” Dan katakanlah kepada orang-orang yang telah diberi Kitab dan kepada orang-orang buta huruf, ”Sudahkah kamu masuk Islam?” Jika mereka masuk Islam, berarti mereka telah mendapat petunjuk, tetapi jika mereka berpaling, maka kewajibanmu hanyalah menyampaikan. Dan Allah Maha Melihat hamba-hamba-Nya.

(QS. Ali 'Imran ayat 20)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement