Jumat 23 Aug 2024 04:16 WIB

Elektabilitas Tinggi, Dico Ganinduto Berpeluang di Pilwakot Semarang

Dico maju didukung Partai Golkar, PSI, dan Nasdem.

Red: Erik Purnama Putra
Bupati Kendal Dico Ganinduto maju sebagai calon wali kota Semarang.
Foto: Republika.co.id
Bupati Kendal Dico Ganinduto maju sebagai calon wali kota Semarang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Golkar memastikan mengusung Bupati Kendal Dico Ganinduto untuk maju Pemilihan Wali Kota (Pilwakot) Semarang. Peneliti Nawacita Survey Indonesia, Herry Mendrofa menganggap, Dico berpeluang besar menang pada kontestasi di Kota Semarang, Apalagi, selain Golkar, Dico diusung Partai Nasdem dan PSI.

"Saya rasa ini dukungan terhadap Dico Ganinduto untuk maju sebagai calon wali kota Semarang adalah bentuk keseriusan KIM Plus untuk menguasai kontestasi elektoral di Jateng. Dan peluang memenangi kontestasi Pilkada Semarang 2024 bagi Dico cukup besar," kata Hendry di Jakarta, Kamis (22/8/2024).

Dia menilai, majunya Dico bisa diartikan menambah peluang kemenangan bagi KIM Plus dan ikut mengunci kantong elektoral di Provinsi Jawa Tengah (Jateng). "Apalagi Semarang adalah episentrum pembangunan di Jateng. Maka suka atau tidak suka, untuk merebut Jateng harus dimulai dari Semarang dengan memenangkan Dico Ganinduto sebagai wali kota," ujar Hendry.

Menurut pengamat kebijakan publik Yanuar Wijanarko, mengusung Dico merupakan pilihan cermat bagi parpol. Hal itu lantaran Dico salah satu tokoh anak muda yang elektabilitasnya cukup tinggi. "Sebagai tokoh muda yang berpengalaman sebagai kepala daerah, elektabilitas Dico Ganinduto sudah teruji. Apalagi banyak program dan terobosan, yang dirasakan masyarakat saat dia menjabat," katanya.

Yanuar menilai, setelah berhasil di Kabupaten Kendal, Kota Semarang yang merupakan salah satu etalase politik nasional bisa menjadi panggung Dico. "Kalau potensi kemenangan, lebih besar di Semarang, tetapi dilihat dari posisi strategis politik, Semarang lebih menguntungkan untuk tokoh dan partai politik," ucapnya.

Dia pun yakin, Dico memiliki pribadi yang bisa diterima oleh masyarakat. "Alasannya Dico memiliki kepribadian hangat, ramah, serta memiliki pola komunikasi yang baik dan mudah dipahami masyarakat. Maka tidak heran, apabila masyarakat dari segala usia, terutama kalangan anak milenial, akan condong memberikan dukungan kepada Dico,” ucap Yanuar.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement