Rabu 12 Oct 2022 13:00 WIB

Pasar Monopoli: Pengertian Beserta Keuntungan dan Kekurangannya

Pasar monopoli adalah sebuah perusahaan yang mendominasi dan memegang kendali penuh atas produk tertentu. Berikut kekurangan & kelebihannya.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Bukan, fenomena ini bukan lah nama dari papan permainan. Pasar monopoli adalah suatu keadaan di mana sebuah perusahaan mendominasi dan memegang kendali penuh atas produk tertentu. Alhasil, untung yang diraup menjadi sangat maksimal.

Perusahaan yang melakukan monopoli pun secara tidak langsung akan menjadi penentu harga (price maker) dari produk tersebut. Jika harga terlalu mahal, masyarakat akan memiliki kebiasaan untuk menunda pembelian. Oleh karena itu, perusahaan yang memonopoli pasar pun tidak bisa dan tidak boleh seenaknya menaikkan harga.

Di Indonesia, perusahaan yang melakukan monopoli berasal dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Beberapa contohnya seperti Pertamina, PLN, dan PDAM. Ketiga perusahaan tersebut menjadi pemasok utama dari bahan bakar, listrik, dan persediaan air bersih masyarakat.

Pemerintah mengambil alih ketiga sumber daya ini karena menyangkut hajat hidup orang banyak. Jika dikuasai swasta, pemerintah tidak akan bisa mengendalikan harganya. Terutama, ketika masyarakat sedang sangat membutuhkan.