Jumat 28 Oct 2022 15:00 WIB

Jadi Tempat Transaksi Komoditas, Kenali Apa Itu Jakarta Futures Exchange atau JFX dan Fungsinya

Kenali bursa berjangka JFX atau Jakarta Futures Exchange, bursa berjangka tertua di Indonesia, yang berfungsi sebagai tempat transaksi berbagai komoditas.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Agar bisa melakukan transaksi atau perdagangan sejumlah komoditas, baik itu emas, batu bara, timah, kopi, hingga kelapa sawit, kamu perlu menggunakan layanan bursa berjangka. Di Indonesia, ada beberapa bursa berjangka yang dapat digunakan oleh masyarakat. Salah satunya adalah Bursa Berjangka Jakarta, atau bisa juga disebut sebagai Jakarta Futures Exchange. 

Menjadi bursa berjangka tertua dan pertama yang beroperasi di Indonesia, tentu hampir semua investor di dalam negeri sudah tidak asing lagi dengan Jakarta Futures Exchange alias JFX ini. Melalui bursa tersebut, para anggota di dalamnya mampu melakukan transaksi atau perdagangan kontrak berjangka atau futures. Harganya sendiri ditentukan berdasarkan interaksi efisien sesuai tingkat penawaran dan permintaan yang terdapat di dalam sistem transaksi elektronik. 

Lantas, apa sih yang sebenarnya dimaksud dengan Jakarta Futures Exchange alias JFX ini? Di samping itu, apa saja fungsi utama dari bursa berjangka tersebut dan perkembangan yang telah dilakukan selama ini? Nah, jika ingin tahu lebih lanjut tentang layanan yang menjadi tempat bertransaksi beragam komoditas tersebut, simak penjelasan tentang apa itu JFX, fungsi, dan perkembangannya berikut ini.

Baca juga: Bursa Komoditas: Pengertian, Jenis dan Contohnya