Jumat 07 Apr 2023 09:00 WIB

Mengenal Forklift: Jenis, Fungsi, dan Bagian-bagiannya

Pernahkah kamu melihat mobil dengan mocong panjang dibawahnya untuk mengangkat barang? Mobil itu dikenal dengan forklift loh. Yuk kenali jenis-jenis dan bagian dari forlift di artikel ini!

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Forklift tentu bukan lagi peralatan yang asing bagi mereka yang bekerja di dunia industri. Pada dasarnya, dunia industri memang banyak menggunakan berbagai peralatan material, termasuk forklift yang akan mempermudah pemindahan berbagai barang berukuran besar. 

Forklift adalah kendaraan yang memiliki fungsi sebagai alat untuk mengangkat serta memindahkan berbagai barang yang memiliki ukuran besar. Kendaraan yang satu ini cukup praktis saat dipakai untuk mendukung aktivitas produksi maupun pemindahan barang-barang di area gudang.

Pada umumnya, setiap gudang perusahaan akan memiliki forklift untuk mempermudah pemindahan barang. Kendaraan ini akan dikemudikan oleh seorang forklift operator, sehingga pekerjaan di gudang bisa selesai dengan lebih cepat dan tepat waktu. 

Apa Itu Forklift?

Forklift

Forklift adalah kendaraan jenis truk yang digunakan untuk mengangkat, memindahkan, dan juga menurunkan berbagai barang berat dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Sio forklift akan dioperasikan oleh seorang forklift operator yang profesional dan memiliki kemampuan untuk menjalankan tugas tersebut. 

Sio forklift ini biasanya akan digunakan mengangkat benda-benda yang berat dan sulit untuk diangkat secara langsung oleh manusia. Seorang operator forklift bisa saja mengoperasikan peralatan ini di dalam maupun di luar ruangan, tergantung pada kebutuhan penggunaan forklift itu sendiri. 

Ada banyak area yang biasanya menjadi lokasi penggunaan forklift, seperti: pabrik, pelabuhan, gudang, kantor ekspedisi, supermarket, dan yang lainnya. Masing-masing lokasi ini tentu akan menggunakan sio forklift yang sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas di sana. 

Pada umumnya, setiap gudang perusahaan akan memiliki forklift untuk mempermudah mobilisasi berbagai barang yang terdapat di sana. Bukan hanya barang dengan berat puluhan kilogram saja, peralatan ini bahkan bisa mengangkat barang dengan berat ratusan kilogram. 

Penggunaan forklift akan membuat aktivitas operasional perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien. Forklift adalah peralatan yang akan mengurangi beban kerja karyawan, terutama yang berkaitan dengan pemindahan dan pengangkatan berbagai barang yang berukuran besar. 

Harga forklift sendiri akan sangat tergantung pada merek dan juga kualitas produk sio forklift itu sendiri. Semakin bagus sebuah forklift, maka harga forklift tersebut tentu akan semakin tinggi. Hal yang sebaliknya juga berlaku, jika kualitas peralatan tersebut tidak begitu bagus. 

Baca Juga: Modifikasi Motor: Tujuan, Biaya, dan Cara Mengatur Budgetnya

Apa saja Jenis-jenis dan Fungsi Forklift? 

Forklift adalah peralatan yang biasanya digunakan untuk mengangkat dan memindahkan berbagai barang. Barang-barang tersebut bisa saja dalam berbagai ukuran dan bentuk, sehingga penting untuk memilih sio forklift yang tepat sejak awal, agar peralatan tersebut bisa bekerja dengan maksimal. 

Forklift operator juga akan lebih mudah untuk menjalankan tugasnya, jika sejak awal sudah mengoperasikan forklift yang tepat dan sesuai untuk barang yang akan dipindahkan. Harga forklift sendiri akan disesuaikan dengan jenis dan juga kapasitas yang terdapat di dalam sio forklift itu sendiri. 

Berikut ini adalah beberapa jenis forklift dan juga fungsinya yang bisa ditemukan di pasaran: 

  1. Jenis Forklift Berdasarkan Pasarannya

    • Forklift Diesel 

      Ini merupakan forklift modern dan termasuk yang cukup canggih di antara yang lainnya. Alat ini memiliki kualitas yang tak perlu diragukan dan bisa berfungsi untuk melakukan aktivitas bongkar muat berbagai barang produksi perusahaan. Jika dibandingkan dengan yang lainnya, sio forklift ini memiliki performa yang lebih tinggi. 

      Alat ini juga hemat bahan bakar, sehingga akan membuat pengeluaran perusahaan untuk kebutuhan tersebut menjadi lebih kecil. Jenis yang satu ini akan cocok untuk digunakan pada berbagai aktivitas di luar ruangan, sehingga desainnya juga memang dibuat untuk outdoor

      Forklift ini bisa menjadi pilihan tepat bagi yang memiliki aktivitas pemindahan barang berukuran besar di luar ruangan. Operator forklift akan mudah mengoperasikannya. Kapasitas alat ini hingga 30 ton, sedangkan tinggi angkatnya sampai dengan 6 meter. 

    • Forklift LPG/Gasoline

      Forklift yang satu ini berkapasitas besar, yakni hingga 10 ton, sedangkan tinggi angkatnya sampai dengan 2 meter. Ini tentu kapasitas yang sangat besar dan akan memudahkan operator forklift untuk memindahkan berbagai barang besar dalam waktu yang cepat. 

      Forklift LPG berfungsi untuk aktivitas bongkar muat maupun pemindahan barang, termasuk penataan barang tersebut pada rak-rak yang tinggi. Bukan untuk di dalam ruangan, forklift yang satu ini biasanya direkomendasikan untuk penggunaan di luar ruangan. 

    • Forklift Elektrik

      Didesain khusus untuk memindahkan berbagai barang dengan kapasitas besar, penggunaan sio forklift ini bisa untuk kebutuhan di dalam maupun di luar ruangan. Kapasitas angkutnya mencapai 8 ton, sedangkan tinggi angkatnya sampai dengan 6 meter. 

      Alat yang satu ini cocok untuk dipakai pada industri farmasi, sebab kendaraan ini tidak mengeluarkan asap yang membahayakan. Hal tersebut terjadi karena peralatan ini hanya menggunakan baterai sebagai sumber energi. Harga forklift yang satu ini juga cukup terjangkau di pasaran. 

    • Forklift Reach Truck

      Ini merupakan forklift yang berkapasitas sampai 2 ton dan memiliki tinggi angkatan sampai 11 meter. Biasanya operator forklift akan menggunakan alat ini untuk mengangkat dan memindahkan berbagai barang produksi berukuran besar dan membutuhkan penataan di rak-rak yang cukup tinggi. 

      Sio forklift yang satu ini terbilang ramping, sehingga forklift operator bisa mengandalkannya di area-area yang cukup sempit. Jika melihat desainnya, maka alat ini akan cocok untuk dipakai di area gudang. 

  2. Jenis Forklift Berdasarkan Transmisinya

    • Automatic Transmission Forklift

      Jenis forklift yang satu ini terbilang sangat mudah untuk digunakan, jika dibandingkan dengan jenis manual. Hal tersebut karena dipengaruhi oleh tuas manual yang digunakan pada forklift ini. Jenis yang satu ini hanya menggunakan 3 tuas handle saja, yakni: naik-turun, maju-mundur, serta tilt mast

      Pedal bagian bawah sio forklift ini akan berfungsi menjadi rem. Jika forklift operator ingin mengoperasikannya, maka yang bersangkutan hanya perlu menggerakkan handle untuk maju ataupun mundur, lalu menginjak pedal rem atau gasnya saja, sebagaimana ketika mengendarai mobil matic. 

    • Manual Transmission Forklift

      Ini merupakan jenis forklift yang pengoperasiannya lebih rumit daripada versi otomatis. Operator forklift harus terbiasa menggunakan pedal gas, rem, dan juga kopling ketika mengoperasikannya, sebab forklift yang satu ini memiliki semua bagian tersebut, sebagaimana layaknya mobil bertransmisi manual.

      Manual transmission forklift tidak memiliki tuas handle untuk maju dan mundur. Namun peralatan yang satu ini dilengkapi dengan gigi serta tuas hanlde yang bisa digunakan untuk naik turun, dan juga tilt mast

Baca Juga: Rekomendasi Motor Listrik di Indonesia dan Tips Perawatannya

Apa saja Bagian-Bagian Forklift?

Berikut ini adalah bagian-bagian yang terdapat pada forklift dan penting untuk dikenali oleh operator dengan baik: 

  1. Fork

    Fork adalah bagian utama dari sebuah forklift. Bagian ini berfungsi untuk menopang, membawa dan juga mengangkat barang. Fork biasanya dibuat dari besi berukuran panjang standar sekitar 1070 mm atau 1,07 m. Namun jika dibutuhkan, panjang bagian ini bisa ditambah dengan menggunakan fork extension

  2. Mast 

    Mast menjadi satu bagian yang sangat penting pada forklift. Ini merupakan bagian yang akan menjadi tumpuan forklift dan biasanya dibuat dari besi tebal yang dilengkapi dengan komponen hidrolik. Hidrolik pada komponen ini akan berfungsi menaikkan dan menurunkan barang yang ada di fork

  3. Carriage

    Bagian ini memiliki fungsi sebagai penghubung antara fork dan mast pada forklift. Bukan hanya itu saja, carriage ini juga memiliki fungsi sebagai sandaran yang akan mengamankan barang-barang yang ada di bagian atas mast

  4. Overhead Guard/Kanopi

    Ini adalah komponen yang berfungsi untuk melindungi operator forklift saat menjalankan tugasnya. Overhead guard ini akan melindungi agar operator tidak sampai kejatuhan barang maupun benda lainnya dari atas. Selain itu, alat ini juga akan menjadi pelindung operator saat hujan atau ketika matahari sedang terik. 

  5. Counterweight

    Bagian ini berfungsi untuk menyeimbangkan beban yang sedang diangkat forklift. Counterweight terletak di area belakang forklift dan berfungsi untuk menjaga keamanan alat tersebut ketika mengangkat barang. 

Forklift Membuat Pekerjaan Berat jadi Lebih Mudah 

Forklift adalah alat yang berfungsi untuk mengangkat dan memindahkan berbagai barang-barang berat. Harga forklift biasanya akan tergantung pada kapasitas dan juga kualitas benda tersebut. Bukan hanya memudahkan pekerjaan, alat yang satu ini juga akan membuat pekerjaan menjadi lebih cepat selesai.

Baca Juga: Ketahui Jam Bursa Saham dan Kapan Membeli dan Menjual Saham yang Tepat

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement