Ahad 29 Oct 2023 21:00 WIB

Daftar Studio Anime Terbaik di Jepang, Ini Rangkumannya!

Dibalik keberhasilan anime-anime tersebut, terdapat studio atau rumah produksi yang menghasilkan tontonan untuk menghibur banyak pecinta anime? Apa saja?

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Produksi film-film animasi atau anime yang berasal dari Jepang hingga saat ini masih memiliki penggemar bukan hanya dari Asia, melainkan dunia. Ketika menyaksikan karya tersebut, tampilan desain serta juga tema cerita yang disuguhkan sangat luar biasa memanjakan mata, sehingga akan membuat para penontonnya berdecak kagum.

Dibalik keberhasilan anime-anime tersebut, terdapat studio atau rumah produksi yang menghasilkan tontonan untuk menghibur dan memiliki jumlah penggemar yang cukup fanatik. Bahkan tidak hanya animasinya yang menuai pujian, namun karakter-karakter yang diciptakan pada anime tersebut pun tak sedikit diidolakan, serta dianggap hidup oleh penikmatnya.

 

Daftar Studio Anime Terbaik dan Terpopuler di Jepang

Shutterstock 1954204336

Sejumlah anime-anime terbaik hingga terlaris mampu dihasilkan atau diproduksi oleh studio animasi tersebut, sebut saja diantaranya adalah Spirited Away, Naruto, My Neighbor Totoro, Attack on Titan, Violet Evergarden, InuYasha, Slam Dunk hingga One Punch Man. Lantas apa saja studio animasi di Jepang yang menghasilkan anime-anime itu? Ini rangkumannya.

1. A-1 Pictures

A-1 Pictures merupakan salah satu studio animasi di Jepang terbaik yang didirikan oleh mantan produser studio animasi bernama Sunrise, yakni Mikihiro Iwata. Sejak beroperasi pada 9 Mei 2005 lalu, A-1 Pictures dioperasikan oleh Aniplex yang mana anak Perusahaan dari Sony Music Entertainment Jepang.

Awal mula didirikan, fokus akan tema cerita anime yang diciptakan oleh A-1 Pictures adalah mengenai keluarga, namun studio animasi ini terus mengembangkan jenis atau genre dari karyanya. Anime yang populer dari A-1 Pictures sebut saja diantaranya ada Black Butler, Fairy Tail, hingga Sword Art Online.

2. Kyoto Animation

Studio animasi yang juga menghasilkan anime-anime terbaik ini didirikan sejak Juli 1985 lalu oleh pasangan suami dan istri, yakni bernama Youko Hatta serta Hideaki Hatta. Kendati demikian, pada awal didirikan, Kyoto Animation justru lebih berfokus melakukan finishing yang diproduksi oleh Perusahaan lain.

Kendati demikian, lambat laun Kyoto Animation mulai mengembangkan produksi dari perusahaannya sendiri. Berbagai anime dihasilkan dari studio animasi ini, diantaranya adalah ada Violet Evergarden, The Melancholy of Haruhi Suzumiya, Clannad, K-On! Hingga Nichijou.

3. Madhouse

Madhouse merupakan studio animasi yang didirikan oleh sejumlah mantan animator asal Mushi Pro, diantaranya ada Masao Maruyama, Osamu Dezaki, Rintaro, dan Yoshiaki Kawajiri pada 1972 silam. Pada awal 1980 hingga 1990, Madhouse sempat memproduksi video animasi orisinal, namun Perusahaan ini lebih dikenal ketika membuat serial animasi televisi dan film.

Karya animasi pertama yang diproduksi oleh Madhouse adalah berjudul Ace o Nerae pada 1973 lalu. Namun selain itu, banyak pula anime populer yang dihasilkan oleh studio animasi ini, yakni Death Note, One Punch Man, Hunter x Hunter, hingga Hajime no Ippo.

4. MAPPA Studio

Hengkang dari Madhouse, Masao Maruyama akhirnya membentuk studio animasi bernama Maruyama Animation Produce Project Association atau disingkat MAPPA Studio yang didirikannya pada 2011. Keputusan Maruyama mendirikan studio animasi ini pun rupanya menghasilkan anime yang sangat populer di mancanegara.

Terdapat sejumlah anime yang diciptakan oleh MAPPA Studio, diantaranya Jujutsu Kaisen, Shingeki no Kyojin: The Final, Days, Yuri!!! On Ice, hingga Attack on Titan: The Final Season. Kalian sudah pernah nonton yang mana aja?

5. Sunrise

Satu lagi studio animasi terbaik di Jepang bernama Sunrise yang didirikan sejak 1972. Jika kebanyakan perusahaan menciptakan anime yang diadaptasi dari manga, tentang olahraga, hingga cerita anak-anak, Sunrise memilih untuk memproduksi sesuatu hal yang cukup berbeda.

Sunrise justru memutuskan untuk menciptakan anime robot layaknya seperti mainan atau yang kerap disebut gundam, yakni Kidou Senshi Gundam. Selain itu ada pula yang tak kalah populer, seperti InuYasha, Gintama, serta juga Code Geass.

Baca Juga: Ini 27 Film Animasi Terpopuler dari Pixar Animation, Ada yang Jadi Favorit Kalian?

6. Studio Ghibli

Kalau studio animasi ini tentu sudah sangat populer di semua kalangan masyarakat, pasalnya anime-anime yang diciptakannya kerap menjadi animasi terbaik serta juga terlaris. Ya, Perusahaan tersebut adalah Studio Ghibli yang didirikan pada Juni 1985 oleh Hayao Miyazaki, Toshio Suzuki dan juga Isao Takahata.

Maskot dan juga karakter dari studio Ghibli yang sangat terkenal dan melekat adalah karakter Totoro, yakni roh raksasa yang ada pada anime My Neighbor Totoro. Selain itu, masih banyak anime terbaik lainnya dari Ghibli, sebut saja Spirited Away, Ponyo, Princess Mononoke, Kiki’s Delivery Service, hingga Howl’s Moving Castle.

7. Ufotable

Ufotable merupakan studio animasi asal Jepang yang didirikan oleh mantan staf anak Perusahaan dari TMS Entertainment, yakni Telecom Animation Film. Ciri khas yang terlihat pada kebanyakan karya anime produksi Ufotable adalah animasi tanah liat.

Salah satu karya dari Ufotable yang tentunya populer penggemar anime adalah Demon Slayer: Kimetsu No Yaiba. Selain itu adapula Knight Hunters Eternity, Coyote Ragtime Show, Katsugeki Touken Ranbu, dan juga tentunya Fate/Zero.

8. Studio Bones

Studio Bones ini didirikan oleh sejumlah mantan staf dari studio animasi Sunrise, diantaranya ada Masahiko Minami, Hiroshi Osaka, dan Toshihiro Kawamoto pada Oktober 1998. Namun pada September 2007, salah satu pendirinya yang bernama Hiroshi Osaka meninggal dunia dikarenakan sakit kanker.

Studio animasi ini banyak memproduksi seri anime, yakni diantaranya Noragami, Eureka Seven, Angelic Layer Ouran High School Host. Namun ada pula anime yang diadaptasi dari manga dan sangat populer, yakni Fullmetal Alchemist, Mob Psycho 100 dan juga My Hero Academia.

9. Toei Animation

Didirikan sejak 1948 oleh Kenzo Masaoka dan Zenjiro Yamamoto, Toei Animation sudah menghasilkan banyak anime, termasuk yang terpopuler hingga terlaris di industri animasi. Studio animasi ini banyak memproduksi serial televisi, film dan mengadaptasi komik jepang dalam bentuk serial anime.

Banyak anime populer dari Toei Animation, yakni diantaranya One Piece, Cyborg 009, Slam Dunk, Saint Seiya, Dragon Ball, hingga Sailor Moon. Anime-anime tersebut tentunya tak asing di semua kalangan masyarakat dan melekat hingga saat ini.

10. Production I.G

Studio animasi ini didirikan sejak Desember 1987 oleh Mitsuhisa Ishikawa yang banyak memproduksi serial televisi, animasi video asli, film hingga video game. Anime populer yang diproduksi oleh Production I.G diantaranya ada Psycho-Pass, dan Ghost in the Shell.

Selain dua anime tersebut, ada juga anime dari Production I.G yang tak kalah populer, yakni Haikyuu!!, Run With the Wind, Bunny Drop, Ao Ashi, Kuroko’s Basketball, Ace of Diamond hingga Moriarty the Patriot.

11. J.C Staff

J.C Staff adalah studio animasi yang didirikan pada 1986 oleh mantan produser Tatsunoko Production, yakni Tomoyuki Miyata. Pada awal-awal beroperasi, J.C Staff fokus menghasilkan original video animation (VOA), namun pada 1994, perusahaan ini berpindah ke televisi dengan menghadirkan animasi berjudul Metal Fighter Miku.

Setelah itu, J.C Staff banyak melahirkan karya-karya anime populer dan terbaik lainnya, seperti One Punch Man, Food Wars! Shokugeki no Soma, A Certain Magical Index. Selain itu masih ada lagi Toradora!, The Disastrous Life of Saiki K, Maid Sama!, dan masih banyak yang lainnya.

Baca Juga: 10 Pilihan Anime Seru yang Diadaptasi dari Manhwa

12. Trigger

Trigger terbilang masih berusia muda dibandingkan dengan studio animasi di Jepang lainnya, pasalnya baru didirikan pada 2011 lalu oleh mantan karyawan Gainax, yakni Hiroyuki Imaishi dan Masahiko Otsuka. Meski belum lama berdiri, namun Trigger sudah menghasilkan karya-karya anime yang populer serta juga terbaik.

Karya anime yang dihasilkan Trigger setelah berdiri pertama adalah berjudul Kill Ia Kill pada 2013 lalu. Tak berhenti di situ, studio animasi ini juga melahirkan film anime berjudul Little Witch Academia yang populer saat penayangannya, kemudian ada juga BNA: Brand New Animal, Promare, hinga Cyberpunk: Edgerunners.

13. CloverWorks

Sebelum menjadi CloverWorks, nama awal dari studio animasi yang berdiri pada 2018 lalu ini adalah Kouenji Studio dan merupakan anak perusahaan dari A-1 Pictures yang dimiliki Aniplex. Salah satu karya dari Clover Works  yang populer pada tahun belakangan ini adalah Spy x Family hingga terdapat season kedua dan ketiganya.

Namun pada Oktober 2018, Clover Works memutuskan untuk berpisah dari A-1 Pictures, tetapi masih bernaung di perusahaan induk Aniplex. Setelah berdiri sendiri tersebut, studio animasi ini juga melahirkan puluhan anime lainnya, seperti Slow Start, Darling in the Franxx, hingga Ace Attorney Season 2.

14. Pierrot

Salah satu studio animasi yang cukup berpengaruh dalam melahirkan karya-karya anime di Jepang adalah Pierrot yang sudah berdiri sejak 1979 oleh Yuji Nunokawa. Siapa yang tidak mengetahui soal anime berjudul Naruto? Ya, studio Pierrot lah yang memproduksinya hingga menjadi anime terkenal dan bahkan memiliki banyak penggemarnya.

Selain Naruto masih banyak pula anime karya produksi dari studio Pierrot yang juga tak kalah terkenal dan melekat terhadap para penontonnya di seluruh dunia. Diantaranya ada Yu Yu Hakusho, Bleach, Black Clover.

15. Wit Studio

Wit Studio merupakan studio animasi Jepang yang didirikan pada Juni 2012 oleh produser di Production IG sebagai anak Perusahaan IG Port. Meski belum lama beroperasi, perusahaan ini namanya kian melejit karena berhasil melahirkan satu karya anime yang populer, yakni Attack on Titan.

16. P.A Works

P.A Works atau Progressive Animation Works adalah studio animasi yang didirikan sejak November 2000 oleh Kenji Horikawa yang sempat bekerja di Tatsunoko Production, Production IG dan Bee Train Production. Pada 2008, perusahaan ini memproduksi serial anime pertama mereka yang berjudul True Tears, dan terus mengembangkan animenya hingga dalam bentuk film.

Karya dari Studio Anime Mana yang Paling Kalian Tunggu?

Berikut tadi adalah ulasan mengenai 16 studio anime terbaik yang ada di Jepang. Masing-masing Perusahaan tersebut memiliki fokus atau genre dari animasi yang dihasilkan, dan tentu menjadikannya sebagai karya yang banyak diminati hingga mendulang penggemar dari mancanegara. 

Dari masing-masing perusahaan yang telah dijabarkan tadi, anime dari studio animasi mana yang paling kalian tunggu karyanya?

Baca Juga: 15 Anime dengan Produksi Termahal di Dunia, Tembus Triliunan!

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement