Selasa 14 Nov 2023 21:00 WIB

Lebih Untung Mana, Investasi Emas atau Deposito? Yuk Cari Tahu Perbandingannya!

Sebenarnya lebih untung investasi emas atau deposito ya? Daripada bingung, yuk intip perbandingan investasi emas dan deposito berikut ini.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Bagi yang mendambakan keuntungan stabil dari investasi, tidak sedikit orang yang menjadikan emas dan deposito sebagai instrumen investasi pilihannya. Alasannya karena investasi di kedua jenis instrumen tersebut mudah untuk dilakukan dan berpeluang untuk memberi imbal hasil menjanjikan. Selain itu, investasi emas dan deposito memiliki tingkat risiko yang terbilang rendah dan cocok dipilih oleh investor pemula. 

Meski begitu, sebagai instrumen investasi, emas dan deposito memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Sebelum memilih salah satu di antara keduanya, kamu tentu perlu menyesuaikan pilihan dengan kebutuhan dan tujuan investasi. Nah, untuk mengulik lebih jauh tentang lebih untung mana investasi emas atau deposito, yuk simak perbandingannya berikut ini. 

 

Tentang Investasi Deposito

Dari banyaknya instrumen investasi yang bisa dipilih oleh investor, deposito selalu memiliki peminatnya tersendiri. Bukan tanpa alasan, deposito yang merupakan produk keuangan dari perbankan menawarkan beragam keuntungan dan keunggulan bagi para investor. 

Mirip dengan tabungan atau rekening, cara kerja dari deposito adalah nasabah menyimpan uang di bank. Tapi, berbeda dengan tabungan biasa, deposito menjanjikan pertumbuhan nilai dari uang yang disimpan oleh pihak nasabah seiring waktu. Pertumbuhan nilai uang dari deposito ini berasal dari tingkat bunga yang dijanjikan oleh pihak perbankan di mana nominalnya lebih tinggi ketimbang tabungan.