Rabu 22 May 2024 12:00 WIB

Pentingnya Manasik Haji, Ketahui Urutan, Tata Cara, dan Doanya

Sebelum menunaikan ibadah haji, calon jamaah perlu mengikuti beberapa kegiatan salah satunya adalah manasik haji. Berikut tata, urutan dan cara manasik haji:

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Sebelum menunaikan ibadah haji, calon jamaah perlu mengikuti beberapa kegiatan. Salah satu kegiatan yang dimaksud adalah manasik haji yang diadakan oleh Kementerian Agama (Kemenag). Kegiatan ini ditujukan sebagai latihan bagi para calon jamaah terkait proses pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), manasik secara etimologi berarti ibadah. Sementara haji artinya rukun islam kelima yang harus dilakukan oleh orang islam yang mampu dengan berziarah ke Ka’bah pada bulan Zulhijah dan melakukan amalan haji, seperti tawaf, sai, ihram, dan wukuf.

Oleh sebab itu, manasik haji sangat diperlukan calon jemaah haji agar dapat memahami urutan, tata cara, serta doa saat ibadah haji. Dengan demikian, Kemenag menggelar enam kali atau lebih proses manasik haji setiap tahun sebelum keberangkatan haji.

Meski manasik merupakan proses latihan, tetapi tidak ada salahnya jika kamu mengetahui dan memahami terlebih dahulu tata cara manasik haji serta doa-doa yang perlu dibaca. Dengan begitu kamu bisa mengikuti manasik haji dan menjalankan ibadah haji dengan lebih lancar.