Jumat 23 Aug 2024 15:30 WIB

Waspadai Cacar Monyet, Warga Cirebon Diminta Terapkan PHBS

Penularan cacar monyet hanya terjadi melalui kontak erat

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Ilustrasi Cacar Monyet
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi Cacar Monyet

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon mengimbau warga untuk mewaspadai penyakit cacar monyet (monkeypox). Seluruh fasilitas kesehatan di daerah itupun diminta bertindak cepat jika menemukan ada kasus tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Neneng Hasanah mengatakan, hingga kini memang belum ada temuan kasus cacar monyet di Kabupaten Cirebon. Namun, warga diminta tidak lengah dan berupaya untuk mencegahnya. ‘’Warga harus menerapkan PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat),’’ ujar Neneng, Jumat (23/8/2024).

Baca Juga

Neneng mengakui, penularan cacar monyet tidak seperti Covid-19. Dia mengatakan, penularan cacar monyet hanya terjadi melalui kontak erat atau melalui hubungan seksual. ‘’Cacar monyet ini disebabkan oleh virus ya. Jadi supaya tidak terkena, daya tahan tubuh harus bagus dan PHBS ditingkatkan,’’ katanya.

Di sisi lain, Dinas Kesehatan juga sudah melakukan penguatan tim surveilans di puskesmas maupun rumah sakit. Sebanyak 12 rumah sakit dan 60 puskesmas yang ada di Kabupaten Cirebon pun siap memberikan penanganan jika ada pasien cacar monyet.