Jumat 23 Aug 2024 22:07 WIB

Langkah PI Dorong Keberlanjutan dengan Konversi Motor Listrik 

Penggunaan kendaraan listrik dapat menghemat biaya dan mendukung keberlanjutan.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha
Pupuk Indonesia berkomitmen mendukung program konversi motor bahan bakar minyak (BBM) menjadi motor listrik.
Foto: Republika/Dedy Darmawan
Pupuk Indonesia berkomitmen mendukung program konversi motor bahan bakar minyak (BBM) menjadi motor listrik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero) atau PI, Rahmad Pribadi menyatakan Pupuk Indonesia Grup berkomitmen mendukung program konversi motor bahan bakar minyak (BBM) menjadi motor listrik yang telah diluncurkan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Program ini menjadi bagian percepatan ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KLBB) guna mewujudkan masa depan yang lebih bersih dan berkelanjutan.

Kementerian ESDM akan melakukan program konversi 1.000 unit motor BBM menjadi motor listrik secara gratis untuk masyarakat di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi atau Jabodetabek. Rahmad mengatakan Pupuk Indonesia Grup siap mendukung program tersebut.

Baca Juga

"Kami mendukung program konversi kendaraan listrik bagian dari transisi KLBBi yang akan dimanfaatkan masyarakat untuk operasional maupun kendaraan pribadi para insan Pupuk Indonesia Grup," ujar Rahmad dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (23/8/2024).

Rahmad menyampaikan Kementerian ESDM akan menjalankan program konversi secara bertahap, yang mana sebanyak 500 unit akan dilaksanakan pada tahap pertama dan 500 unit selanjutnya masuk pada tahap kedua. Hingga saat ini, Pupuk Indonesia Grup telah mendukung program konversi motor BBM menjadi motor listrik sebanyak 300 unit yang dimiliki oleh masyarakat sekitar maupun para siswa dan guru SMK yang berada di lingkungan perusahaan.