Jumat 23 Aug 2024 22:18 WIB

Kapolres Indramayu : Aksi Unjuk Rasa Mahasiswa Berjalan Kondusif

Aksi pengamanan dilakukan secara persuasif meskipun sempat terjadi insiden pelemparan

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Jajaran Polres Indramayu menjaga aksi unjuk rasa mahasiswa di depan Gedung DPRD Indramayu, Jumat (23/8/2024).
Foto: Dok Humas Polres Indramayu
Jajaran Polres Indramayu menjaga aksi unjuk rasa mahasiswa di depan Gedung DPRD Indramayu, Jumat (23/8/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU--Petugas gabungan dari Polres Indramayu, Kodim 0616, dan Sat Pol PP melaksanakan pengamanan terhadap aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh mahasiswa yang tergabung dalam Cipayung Plus, di depan Gedung DPRD Kabupaten Indramayu, Jumat (23/8/2024).

Pengamanan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Indramayu, AKBP Ari Setyawan Wibowo, bersama Dandim 0616/Indramayu, Letkol Inf Yanuar Setiaga. Sebanyak 600 anggota gabungan dari Polri, TNI, dan Satpol PP dikerahkan untuk mengamankan aksi tersebut.

Baca Juga

Kapolres Indramayu, AKBP Ari Setyawan Wibowo mengatakan, kehadiran Polres Indramayu, Kodim 0616, dan Satpol PP, bertujuan untuk mengamankan jalannya aksi unjuk rasa. Mereka pun hadir untuk memastikan keamanan masyarakat yang beraktivitas di sekitar Gedung DPRD Indramayu.

‘’Kami di sini untuk membantu mengamankan mahasiswa yang menyuarakan aspirasi mereka serta menjaga masyarakat yang beraktivitas di sekitar Gedung DPRD. Kami juga mengamankan gedung DPRD,’’ ujar Ari, didampingi dandim.

Ari mengatakan, aksi pengamanan dilakukan secara persuasif meskipun sempat terjadi insiden pelemparan. ‘’Alhamdulillah, meski sempat ada pelemparan, namun itu mungkin hanya dilakukan oleh oknum saja. Kami dari kepolisian tidak membalas dan tetap menjaga ketenangan,’’ kata Ari.

Ari juga menegaskan, pihaknya tidak pernah menghalangi penyampaian aspirasi di Kabupaten Indramayu. Namun, ia mengajak seluruh elemen masyarakat, termasuk mahasiswa, tokoh agama, dan warga, untuk bersama-sama menjaga situasi kamtibmas yang kondusif.

Setelah aksi unjuk rasa selesai, anggota Polres Indramayu dan Kodim 0616 turut membersihkan area sekitar Gedung DPRD. ‘’Ini agar masyarakat yang lewat merasa nyaman, dengan kondisi yang sudah bersih dan semuanya teratur,’’ kata Ari. 

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement