Sabtu 24 Aug 2024 09:05 WIB

Terungkap Mayoritas Penduduk 5 Negara di Asia Ini tak Lagi Beragama

Survei Pew Research memetakan keagamaan penduduk di lima negara Asia

Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi umat beragama. Survei Pew Research memetakan keagamaan penduduk di lima negara Asia
Foto:

Pew Research menyebutkan mengumpulkan data tentang agama di Asia Timur merupakan tantangan yang kompleks. Konsep agama diimpor ke wilayah ini oleh para cendekiawan sekitar satu abad yang lalu, dan terjemahan umum dari “agama” (seperti zongjiao dalam bahasa Mandarin, shūkyō dalam bahasa Jepang, dan jonggyo dalam bahasa Korea) sering kali dipahami sebagai bentuk-bentuk agama yang terorganisir dan hirarkis, seperti agama Kristen atau gerakan-gerakan agama baru - bukan bentuk-bentuk spiritualitas tradisional Asia.

Survei ini mencakup beberapa pertanyaan yang telah lama digunakan untuk mengukur ketaatan beragama di belahan dunia lain, seperti seberapa penting agama dalam kehidupan masyarakat.

photo
Pew Research II - (Pew Research )

Namun, laporan ini lebih menekankan pada pertanyaan-pertanyaan baru yang dirancang untuk mengukur kepercayaan dan praktik yang relatif umum di masyarakat Asia, termasuk: pemujaan terhadap leluhur, keberadaan roh di alam, memberikan penghormatan kepada dewa dan tokoh agama, kepercayaan tentang kehidupan setelah kematian, dan hubungan pribadi dengan agama di samping identitas.

Singkatnya, survei ini mengukur agama dalam masyarakat ini berdasarkan apa yang dipercayai dan dilakukan oleh orang-orang, dan bukannya apakah mereka mengatakan bahwa mereka memiliki agama, wilayah ini lebih religius daripada yang terlihat pada awalnya