Sabtu 24 Aug 2024 09:06 WIB

Terungkap, Warna Bendera Merah Putih Ternyata Didasari Hadits ini

Hadits yang menjelaskan warna merah putih ini juga memuat doa.

Red: Erdy Nasrul
Seorang anak berlari di bawah bendera saat Kirab Merah Putih di jalan Sudirman, Kota Bogor, Jawa Barat, Ahad (18/8/2024). Kirab yang mengarak Bendera Merah Putih dengan panjang 200 meter dan lebar enam meter, sejauh empat kilometer tersebut merupakan rangkaian kegiatan Festival Merah Putih 2024 dalam rangka memperingati HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.
Foto: ANTARA FOTO/Arif Firmansyah
Seorang anak berlari di bawah bendera saat Kirab Merah Putih di jalan Sudirman, Kota Bogor, Jawa Barat, Ahad (18/8/2024). Kirab yang mengarak Bendera Merah Putih dengan panjang 200 meter dan lebar enam meter, sejauh empat kilometer tersebut merupakan rangkaian kegiatan Festival Merah Putih 2024 dalam rangka memperingati HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Bukan sembarang warna, merah putih yang menjadi simbol Negara Indonesia ternyata didasari hadits Nabi Muhammad SAW. Hadits tersebut juga mengandung doa yang isinya permohonan agar umat Islam selalu dilindungi Allah SWT.

Berikut ini adalah bunyi hadits tersebut,

Baca Juga

إِنَّ اللَّهَ زَوَى لِي الْأَرْضَ فَرَأَيْتُ مَشَارِقَهَا وَمَغَارِبَهَا وَإِنَّ أُمَّتِي سَيَبْلُغُ مُلْكُهَا مَا زُوِيَ لِي مِنْهَا وَأُعْطِيتُ الْكَنْزَيْنِ الْأَحْمَرَ وَالْأَبْيَضَ وَإِنِّي سَأَلْتُ رَبِّي لِأُمَّتِي أَنْ لَا يُهْلِكَهَا بِسَنَةٍ عَامَّةٍ وَأَنْ لَا يُسَلِّطَ عَلَيْهِمْ عَدُوًّا مِنْ سِوَى أَنْفُسِهِمْ فَيَسْتَبِيحَ بَيْضَتَهُمْ وَإِنَّ رَبِّي قَالَ يَا مُحَمَّدُ إِنِّي إِذَا قَضَيْتُ قَضَاءً فَإِنَّهُ لَا يُرَدُّ وَإِنِّي أَعْطَيْتُكَ لِأُمَّتِكَ أَنْ لَا أُهْلِكَهُمْ بِسَنَةٍ عَامَّةٍ وَأَنْ لَا أُسَلِّطَ عَلَيْهِمْ عَدُوًّا مِنْ سِوَى أَننْفُسِهِمْ يَسْتَبِيحُ بَيْضَتَهُمْ وَلَوْ اجْتَمَعَ عَلَيْهِمْ مَنْ بِأَقْطَارِهَا أَوْ قَالَ مَنْ بَيْنَ أَقْطَارِهَا حَتَّى يَكُونَ بَعْضُهُمْ يُهْلِكُ بَعْضًا وَيَسْبِي بَعْضُهُمْ بَعْضًا

Sesungguhnya Allah menghimpun bumi untukku lalu aku melihat timur dan baratnya dan sesungguhnya kekuasaan ummatku akan mencapai yang dihimpunkan untukku, aku diberi dua harta simpanan; merah dan putih, dan sesungguhnya aku meminta Rabbku untuk ummatku agar tidak dibinasakan oleh kekeringan menyeluruh, agar Ia tidak memberi kuasa musuh untuk menguasai mereka selain diri mereka sendiri lalu menyerang perkumpulan mereka, dan sesungguhnya Rabbku berfirman: 'Hai Muhammad, sesungguhnya Aku bila menentukan takdir tidak bisa dirubah, sesungguhnya Aku memberikan untuk umatmu agar tidak dibinasakan oleh kekeringan menyeluruh, Aku tidak memberi kuasa musuh untuk menyerang mereka selain diri mereka sendiri lalu mereka menyerang perkumpulan mereka meski mereka dikepung dari segala penjurunya hingga sebagaian dari mereka membinasakan sebagaian lainnya dan saling menawan satu sama lain (HR Muslim 5144).

Peran Habib Husein Mutahar

Dalam buku kumpulan catatan kecilnya yang diberi judul Catatan Kecil Bersama Bung Karno, Bagian 1, terbitan PT Delta Rohita, pada tahun 1978, Fatmawati menjelaskan bahwa kain untuk Bendera Pusaka merupakan pemberian Pimpinan Barisan Propaganda Jepang, Hitoshi Shimizu melalui pemuda bernama Chairul Basri.

Berkenaan dengan pengumuman Perdana Menteri Kuniaki Koiso pada 7 September 1944 yang menjanjikan bahwa Jepang akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia pada masa itu, dua blok kain merah dan putih berbahan katun asal Jepang yang diberikan pada Oktober 1944 kemudian dijahit dengan mesin jahit tangan, dan disulap menjadi sebuah bendera. Dengan ukuran lebar 2/3 (dua-pertiga) dari panjangnya, Bendera Negara memiliki rasio warna merah dan putih sebesar 2:3.

Bak ramalan yang tepat sasaran, kurang dari setahun kemudian, Bendera Pusaka dinaikkan pertama kali di rumah Presiden Soekarno, di Jalan Pengangsaan Timur 56 Jakarta, setelah Presiden Soekarno membacakan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada Jum’at, 17 Agustus 1945. Bendera dinaikkan pada tiang bambu oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang dipimpin Kapten Latief Hendraningrat. Saat Bendera Pusaka dinaikkan, lagu “Indonesia Raya” pun dinyanyikan secara bersama-sama.

Bendera Duplikat

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement