Sabtu 24 Aug 2024 20:05 WIB

Pecalang Desa Adat Bali Menyambut Baik Kegiatan Banser dan Pagar Nusa

Pecalang dan Banser, juga melakukan bersih-bersih di sekitar lokasi kegiatan.

Red: Erdy Nasrul
Kegiatan Banser Nahdlatul Ulama dan pecalang di Bali.
Foto: Nahdlatul Ulama
Kegiatan Banser Nahdlatul Ulama dan pecalang di Bali.

REPUBLIKA.CO.ID, BALI – Pecalang Desa Adat menyambut baik kehadiran Banser di Bali. Kata dia, selama ini pecalang dan Banser, terutama Ansor, sudah kerap membangun komunikasi yang intensif. Selain melaksanakan pengamanan, Banser dan Pecalang juga membagi makanan ke warga sekitar.

"Karena itu dengan kehadiran rekan-rekan untuk kegiatan bersih-bersih dan membagikan makanan ini sangat kami dukung," kata Pembina Pecalang Desa Adat Kesiman I Wayan Sudana di Bali, Sabtu (24/8/2024).

Baca Juga

Jumat (23/8/2024), sebanyak 15.000 kader Banser dan Pagar Nusa melaksanakan Apel Kesetiaan PBNU. Pelaksanaan apel berjalan dilaksanakan tertib di Taman Festival Bali.

Mereka menggandeng masyarakat adat dan Pecalang untuk memberikan bantuan pengamanan selama proses pelaksanaan Apel.

“Desa adat sangat menerima kehadiran kita, menyambut kita dengan hangat. Pecalang-pecalang juga mensuport kegiatan kita, mengamankan kegiatan kita,” kata Ketua Pimpinan Wilayah Ansor Bali Sahabat Tommy Reza Kurniawan di Bali.

Menurut Tommy, jalinan komunikasi antara Ansor Banser dan masyarakat serta Pecalang sudah terbangun dengan baik sejak dahulu. Beragam kegiatan bahkan dilakukan dengan melakukan sinergi, sehingga keduanya tidak pernah melakukan kegiatan yang bersifat merugikan masyarakat.

“Memang kita ini sudah harmonis sejak lama, malah kegiatan kita sering bersinergi dengan masyarakat lokal,” imbuhnya.

Kedua pihak, antara Pecalang dan Banser, juga melakukan bersih-bersih di sekitar lokasi kegiatan. Aksi bersih-bersih ini dilakukan agar sebelum dan sesudah acara lingkungan tertap terjaga.

“Sebagai wujud kebersamaan menjaga lingkungan di sekitar tempat lokasi kegiatan. Ini kami ingin menujukkan, bahwa Banser tetap memperhatikan lingkungan agar tetap bersih sebelum dan sesudah acara,” imbuhnya.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement