Senin 26 Aug 2024 05:42 WIB

Ada dalam Alquran, Ini 5 Ganjaran dari Allah Bagi Orang-Orang yang Rajin Beristighfar

Allah telah menjelaskan balasan yang diberikan kepada orang yang beristighfar.

Rep: Muhyiddin/ Red: A.Syalaby Ichsan
Istighfar/ilustrasi
Foto: tumblr.com
Istighfar/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Dalam Alquran, Allah SWT telah menjelaskan balasan yang diberikan kepada orang yang beristighfar (memohon ampun) dengan berbagai cara. Selain akan mendapatkan pahala, orang yang sering istighfar akan diberikan karunia berlebih dari Allah. 

Berikut beberapa balasan Allah bagi orang yang beristighfar sebagaimana disebutkan dalam Alquran:

Baca Juga

1. Ampunan dosa dan kasih sayang Allah

Allah SWT berjanji akan mengampuni dosa-dosa orang yang senantiasa beristighfar. Dalam Surat Al-Baqarah ayat 199, Allah berfirman:

 

ثُمَّ اَفِيْضُوْا مِنْ حَيْثُ اَفَاضَ النَّاسُ وَاسْتَغْفِرُوا اللّٰهَ ۗ اِنَّ اللّٰهَ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

Artinya: "Kemudian, bertolaklah kamu dari tempat orang-orang bertolak (Arafah) dan mohonlah ampunan kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS Al-Baqarah [2]:199). 

Dalam ayat ini dijelaskan bahwa siapa yang meminta ampun kepada Allah, tentu Allah akan mengampuni dosanya, karena Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang kepada hamba-Nya. Hal ini seperti diriwayatkan dari Ibnu Jarir dari Ibnu ‘Abbas.

2. Kemuliaan di dunia dan akhirat

Istighfar dapat mendatangkan kemuliaan baik di dunia maupun di akhirat. Dalam Surat Hud ayat 3, Allah SWT berfirman:

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman: 

وَّاَنِ اسْتَغْفِرُوْا رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوْبُوْٓا اِلَيْهِ يُمَتِّعْكُمْ مَّتَاعًا حَسَنًا اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى وَّيُؤْتِ كُلَّ ذِيْ فَضْلٍ فَضْلَهٗ ۗوَاِنْ تَوَلَّوْا فَاِنِّيْٓ اَخَافُ عَلَيْكُمْ عَذَابَ يَوْمٍ كَبِيْرٍ

 

Artinya: "Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu kemudian bertobatlah kepada-Nya, niscaya Dia akan memberi kesenangan yang baik kepadamu (di dunia) sampai waktu yang telah ditentukan (kematian) dan memberikan pahala-Nya (di akhirat) kepada setiap orang yang beramal saleh. Jika kamu berpaling, sesungguhnya aku takut kamu (akan) ditimpa azab pada hari yang besar (kiamat). (QS Hud [11]:3)

Dalam tafsir tahlili Kemenag dijelaskan, dalam ayat ini Nabi Muhammad SAW menyeru kaum musyrikin untuk minta ampun kepada Allah dan bertobat dengan teguh dan terus menerus. Allah niscaya akan mengampuni mereka dan memberi rezeki yang melimpah, kemakmuran, kesehatan, dan kesejahteraan sampai akhir hayat mereka.

Mendapatkan karunia..

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement