Senin 26 Aug 2024 15:20 WIB

Keutamaan Doa Sapu Jagat, Doa yang Sering Dibaca Rasulullah SAW

Rasulullah SAW sering membaca doa sapu jagat.

Red: Muhammad Hafil
 Rasulullah SAW sering membaca doa sapu jagat. Foto:  Doa (ilustrasi)
Foto: republika
Rasulullah SAW sering membaca doa sapu jagat. Foto: Doa (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Dalam setiap acara yang ditutup dengan doa maupun doa yang dipimpin imam setelah sholat fardu berjamaah di masjid, kita kerap mendengar doa dengan redaksi seperti ini:

 رَبَّنَا آتِنَا في الدُّنْيَا حَسَنَةً، وفي الآخِرَةِ حَسَنَةً، وقِنَا عَذَابَ النَّارِ.

Baca Juga

Robbanaa aatinaa fid dun-yaa hasanah, wa fil aa-khiroti hasanah wa qinaa 'adzaa-ban-naar."

Itu adalah doa sapu jagat. Doa sapu jagat adalah doa yang sifatnya menyeluruh dan di dalamnya terkandung permohonan kepada Allah SWT untuk memberikan keselamatan dan keberkahan baik di dunia maupun akhirat.

Nabi Muhammad SAW telah memberikan tuntunan tentang doa tersebut. Dan, ini adalah doa yang paling sering diucapkan oleh Rasulullah SAW. Hal ini dapat diketahui berdasarkan hadits yang diriwayatkan dari Anas bin Malik RA.

Dalam hadits tersebut, Anas bin Malik berkata bahwa Nabi Muhammad SAW sering berdoa dengan mengucapkan, 'Ya Allah, berilah kami kebaikan di dunia ini dan kebaikan di akhirat, dan lindungi kami dari siksaan Neraka'." (HR. Bukhari)

Berikut ini bunyi hadits lengkapnya:

 كانَ النَّبيُّ صلَّى اللهُ عليه وسلَّم يقولُ: اللَّهُمَّ رَبَّنَا آتِنَا في الدُّنْيَا حَسَنَةً، وفي الآخِرَةِ حَسَنَةً، وقِنَا عَذَابَ النَّارِ.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini bacaan doa sapu jagat yang sering diucapkan Nabi Muhammad SAW beserta latin dan terjemahan:

 اللَّهُمَّ رَبَّنَا آتِنَا في الدُّنْيَا حَسَنَةً، وفي الآخِرَةِ حَسَنَةً، وقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Latin: "Allahumma robbanaa aatinaa fid dun-yaa hasanah, wa fil aa-khiroti hasanah wa qinaa 'adzaa-ban-naar."

Terjemahan: "Ya Allah, berilah kami kebaikan di dunia ini dan kebaikan di akhirat, dan lindungi kami dari siksaan Neraka." (HR. Bukhari)

Doa Nabi Muhammad SAW tersebut mencakup segala macam kebaikan di dunia, termasuk hal-hal yang memberi manfaat, dan kebaikan di akhirat. Sebab di dalamnya terdapat permohonan agar diselamatkan di hari akhir kelak.

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement