Senin 26 Aug 2024 14:47 WIB

Rayakan 70 Tahun, SGM Berikan Akses Pendidikan dan Pecahkan Rekor MURI

Anak di bawah lima tahun adalah kelompok usia yang sangat rentan kekurangan gizi.

Rep: Muhammad Agustian Reviyolanda/Alfiro Putra Ramadhani/ Red: Fernan Rahadi
Acara Pawai Generasi Maju yang diadakan PT Sarihusada Generasi Mahardhika (SGM) di Yogyakarta, Ahad (25/8/2024).
Foto: dokpri
Acara Pawai Generasi Maju yang diadakan PT Sarihusada Generasi Mahardhika (SGM) di Yogyakarta, Ahad (25/8/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- PT Sarihusada Generasi Mahardhika (SGM) merayakan 70 tahun dedikasinya dalam menutrisi Generasi Maju Indonesia dengan menggelar berbagai rangkaian kegiatan yang berpusat di Yogyakarta, sebagai kota kelahiran SGM. Mulai dari penyerahan dukungan dana pendidikan tingkat Sekolah Dasar (SD) untuk 70 Anak Indonesia, Pawai Generasi Maju yang melibatkan masyarakat setempat hingga pemecahan rekor MURI Minum Susu Bersama Keluarga Terbanyak secara serentak di 70 kota sebagai simbol dari komitmen SGM untuk mendukung para Ibu dalam memenuhi kebutuhan gizi anak Indonesia.

CEO Danone Indonesia Laurent Boissier mengatakan, selama tujuh dekade, SGM berdedikasi untuk mendukung pemerintah dalam mengentaskan salah satu tantangan terbesar pembangunan sumber daya manusia Indonesia, yakni masalah pemenuhan gizi.

"Pemenuhan gizi yang optimal merupakan kunci utama dalam mewujudkan generasi penerus yang sehat, cerdas, dan produktif. Perayaan 70 tahun SGM ini dihadirkan sebagai bentuk komitmen SGM untuk terus memastikan anak-anak di seluruh Indonesia mendapatkan nutrisi yang diperlukan agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal melalui inovasi produk hingga program-program edukasi dan memberikan jutaan alasan untuk membuat orang tua dapat yakin akan komitmen SGM untuk menutrisi bangsa," kata Laurent, Ahad (25/8/2024).

Anak-anak di bawah lima tahun adalah kelompok usia yang sangat rentan terhadap kekurangan gizi. Dampak dari pemenuhan gizi yang tidak optimal dapat memiliki konsekuensi jangka panjang, yang tidak hanya berdampak pada kesehatan fisik, tetapi juga dapat mengganggu perkembangan kognitif dan motorik, serta perkembangan otak anak secara keseluruhan. Salah satu masalah yang juga berpotensi signifikan pada anak stunting adalah anak dengan kondisi stunting memiliki risiko anemia dua hingga tiga kali lebih tinggi dibandingkan anak yang tidak stunting. Dimana anemia umumnya ditemukan pada 1 dari 5 anak Indonesia berusia dibawah 5 tahun. Kondisi ini menggarisbawahi pentingnya memenuhi kebutuhan nutrisi anak sejak dini untuk mencegah dampak jangka panjang yang merugikan.

Lahir di Yogyakarta, SGM memulai perjalanan dengan misi mulia untuk meningkatkan nutrisi anak Indonesia melalui produk-produk berkualitas tinggi. Inovasi ini berlanjut dengan peluncuran brand-brand seperti SGM Bunda dan SGM Eksplor, yang dirancang untuk menjangkau lebih banyak masyarakat dan mendukung perkembangan generasi Indonesia selanjutnya.

Pada perayaannya yang ke-70, Yogyakarta terpilih menjadi kota utama dalam perayaan acara ini. Fasilitas riset bertaraf dunia melalui Nutricia Research – Sarihusada R&I Center yang merupakan salah satu pabrik terbesar juga berlokasi di Yogyakarta. Dilengkapi dengan keahlian sains dan teknologi mutakhir seperti pilot plant dan beragam laboratorium yang mendukung berbagai proses penting produksi, mulai dari prototipe produksi secara mandiri, menggali insight sains dan teknologi, hingga studi klinis dan pengembangan produk.

Sekda Daerah Istimewa Yogyakartaeny Suharsono, mengungkapkan apresiasinya terhadap SGM, "Sejak awal, SGM telah memainkan peran penting dalam memajukan industri susu di tanah air, berkontribusi pada pemenuhan gizi anak-anak dan mendukung generasi penerus bangsa.

"Berbagai program yang telah diinisiasi SGM Eksplor selama ini, termasuk dalam rangkaian 70 tahun SGM merupakan bukti nyata komitmen yang kuat untuk membangun generasi manju bangsa. Kami juga merasa bangga bahwa Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi tuan rumah dan pelopor dalam lahirnya pabrik susu pertumbuhan pertama di Indonesia, menegaskan posisi Yogyakarta sebagai pusat inovasi dan keberlanjutan dalam sektor gizi," kata Beny.

Selain menyediakan solusi nutrisi yang mendukung tumbuh kembang anak secara optimal, SGM juga berupaya memastikan bahwa setiap anak Indonesia mendapatkan dukungan pendidikan yang layak untuk mewujudkan potensi mereka secara penuh, dengan memberikan dukungan Dana Pendidikan tingkat Sekolah Dasar (SD) untuk 70 anak Indonesia. Sekaligus sebagai bentuk penghargaan dan terima kasih SGM kepada para Ibu yang telah mempercayakan SGM Eksplor sebagai Nutrisi pendukung pertumbuhan bagi anak-anak di Indonesia.

Lead Gerakan Sekolah Sehat dari Direktorat Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Minhajul Ngabidi mengatakan kesehatan merupakan faktor penting agar anak bisa belajar dengan baik.

Untuk itu, pemenuhan gizi seimbang harus bisa dipenuhi dengan baik agar anak tetap sehat, salah satunya bisa didapatkan melalui kebiasaan konsumsi susu. Selain itu, pendidikan dasar menjadi salah satu fase penting dalam perkembangan seorang anak untuk memiliki berbagai kemampuan yang diperlukan saat ia dewasa nanti.

Kolaborasi lintas sektor dari berbagai pihak untuk memastikan semua anak Indonesia memiliki hak dan akses terhadap pendidikan yang setara tanpa terkecuali, dan dapat mengimplementasikan serta memaknai Merdeka Belajar dengan baik merupakan hal yang sangat penting.

"Oleh karena itu, kami sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan SGM dalam memberikan bantuan dana pendidikan kepada 70 anak Indonesia. Dukungan ini merupakan langkah awal penting, tidak hanya menyediakan bantuan secara finansial, tetapi juga memberikan dampak konkrit terhadap pembangunan generasi masa depan yang lebih baik," katanya.

Pada kesempatan ini, SGM juga menggandeng Alfamart sebagai salah satu mitra penyelenggara kegiatan Minum Susu Bersama Keluarga dan berhasil memecahkan rekor MURI sebagai “Gerakan Minum Susu Bersama Keluarga Terbanyak di 70 Kota.

Corporate Affair Director Alfamart H. Solihin mengatakan kegiatan minum susu bersama keluarga yang diinisiasikan SGM, sejalan dengan visi Alfamart dimana pihaknya memiliki visi untuk menjangkau masyarakat Indonesia dalam memberikan akses produk yang dibutuhkan termasuk produk bernutrisi, agar anak-anak Indonesia mendapatkan akses susu berkualitas.

Selain itu, kegiatan ini juga memperkuat kesadaran akan pentingnya pemenuhan gizi seimbang yang merupakan fondasi untuk membentuk generasi yang sehat, cerdas, dan produktif di masa depan. "Dengan asupan nutrisi yang cukup dan berkualitas, anak-anak Indonesia akan memiliki kesempatan lebih besar untuk mencapai potensi maksimal mereka dan berkontribusi pada kemajuan bangsa," katanya.

Kegiatan Minum Susu Bersama Keluarga ini dilakukan secara serentak dan disiarkan langsung di 70 kota seperti: Bandung, Medan, Balik Papan, Banjarmasin, Makassar, Mataram termasuk daerah 3T (tertinggal, terluar, terdepan), yang bertujuan untuk membangun dan mendorong kesadaran masyarakat di daerah tersebut akan pentingnya pemenuhan gizi seimbang.

Untuk merayakan rangkaian perayaan 70 tahun SGM, juga terdapat berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat, seperti pada Pawai Akbar 70 Tahun SGM, Pekan Olahraga dan Seni (PORSENI) TK Tingkat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, berbagai lomba dan area permainan anak.

"Perayaan 70 tahun SGM adalah tonggak penting dalam perjalanan kami untuk mendukung kesehatan dan perkembangan anak-anak di seluruh Indonesia. Kami berharap dengan berbagai kegiatan dari perayaan ini dapat memberikan dampak positif dan memperkuat kepercayaan para Ibu di Indonesia dalam memilih SGM dalam mendukung dan memenuhi kebutuhan gizi anak-anak mereka," kata Laurent.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement