Senin 26 Aug 2024 17:16 WIB

Deretan Ilmuwan Muslim dan Pengaruhnya untuk Dunia

Banyak ilmuwan Muslim yang mempengaruhi dunia.

Red: Muhammad Hafil
Ilustrasi Ilmuwan Muslim
Foto:

Ibnu Sina

Nama lengkapnya adalah Abu Ali al-Husayn Ibn Abdullah. Beliau lahir pada 370 H/980 M di Afshana, suatu daerah yang terletak di dekat Bukhara, di kawasan Asia Tengah. Ayahnya bernama Abdullah dari Balkh, suatu kota ter masyhur di kalangan orang-orang Yunani.

Konsep pemikirannya dalam pendidikan, antara lain, berkenaan dengan tujuan, kurikulum, metode pengajaran, guru, dan pelaksanaan hukuman dalam pendidikan. Menurut Ibnu Sina, tujuan pendidikan harus diarahkan pada pengembangan seluruh potensi yang dimiliki seseorang ke arah perkem bangannya yang sempurna, yaitu perkembangan fisik, intelektual, dan budi pekerti.

Selain itu, pendidikan harus mampu untuk mempersiapkan seseorang guna dapat hidup bermasyarakat secara ber sama-sama dengan melakukan pekerjaan atau keahlian yang dipilihnya sesuai dengan bakat, kesiapan, kecenderungan, dan potensi yang dimilikinya. Khusus mengenai pendidikan yang bersifat jasmani, hendaknya tidak melupakan pembinaan fisik dan segala sesuatu yang ber kait an dengannya seperti olahraga, ma kan, minum, tidur, dan menjaga kebersihan.