Senin 26 Aug 2024 16:10 WIB

UMJ Jalin Kerja Sama dengan INHA University Korea Selatan

Pertukaran mahasiswa UMJ dan INHA University dari tingkat sarjana hingga doktor.

Red: Gita Amanda
Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) resmi menjalin kerja sama dengan INHA University Korea Selatan, bertempat di Aula Kasman Singodimedjo Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UMJ, Senin (26/8/2024).
Foto: Universitas Muhammadiyah Jakarta
Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) resmi menjalin kerja sama dengan INHA University Korea Selatan, bertempat di Aula Kasman Singodimedjo Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UMJ, Senin (26/8/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) resmi menjalin kerja sama dengan INHA University Korea Selatan, bertempat di Aula Kasman Singodimedjo Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UMJ, Senin (26/8/2024).

Kerja sama tersebut, ditandatangani oleh Rektor UMJ Prof Dr Ma'mun Murod Al-Barbasy, MSi dan Director of Smart Governance and Policy at INHA University Prof Seung Hwan Myeong, MA, MPA, PhD. Saat memberikan sambutan, Ma'mun menyampaikan bahwa kerja sama antara UMJ dan INHA University diinisiasi oleh Dekan FISIP UMJ Prof Dr Evi Satispi, MSi.

Baca Juga

"Kami sangat senang menjalin kerja sama dengan INHA University saat ini, INHA University berada pada peringkat 21 Perguruan Tinggi se-Korea Selatan dan ke-631 di dunia berdasarkan QS World University Ranking," katanya.

Ma'mun berharap, ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan oleh UMJ dan INHA University, di antaranya meningkatkan mutu pendidikan, penjajakan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. "Pada Rabu mendatang, kami akan mengirim lima mahasiswa UMJ ke Korea Selatan untuk melaksanakan pembelajaran minimal satu semester di INHA University," kata Ketua Umum Fokal IMM itu.

Pada kesempatan yang sama, Seung Hwan Myeong mengatakan dengan penandatanganan MoU antara UMJ dan INHA University, kedua belah pihak dapat melakukan banyak hal, misalnya untuk pertukaran mahasiswa. "Pertukaran mahasiswa UMJ dan INHA University bisa dilakukan baik di tingkat sarjana, magister, hingga doktor," tuturnya.

photo
Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) resmi menjalin kerja sama dengan INHA University Korea Selatan, bertempat di Aula Kasman Singodimedjo Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UMJ, Senin (26/8/2024). - (Universitas Muhammadiyah Jakarta)

Menurut Myeong, kerja sama tersebut juga berfokus pada pendidikan dan penelitian mengenai tata kelola pemerintahan cerdas (smart governance), kebijakan publik yang lebih maju, serta pembangunan untuk masyarakat Indonesia yang lebih baik di masa depan.

"Kami berharap kerja sama ini dapat terus berlanjut sampai tahun depan atau bahkan selamanya," kata Myeong.

Selain UMJ, terdapat enam Perguruan Tinggi lain yang bekerja sama juga dengan INHA University, di antaranya Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Teknologi Muhammadiyah (UTM), Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR), Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang (UM Sidrap), Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI), dan Universitas Islam Riau (UIR).

Pada penandatanganan kerja sama tersebut, terdapat diskusi yang dihadiri jajaran pimpinan INHA University, Kepala Kantor Sekretariat Universitas (KSU) UMJ Dr Tria Patrianti, SSos, MIKom, Dosen Ilmu Politik FISIP UMJ Miftahul Ulum, SIP, MPS, MSc, PhD, Kepala KKUI UMJ Endang Zakaria, MH, dan jajaran pimpinan enam perguruan tinggi yang menjajakan MoU dengan INHA University.

UMJ juga turut menjalin kerja sama dengan Fiscal Perfomance Management Institute. Penandatanganan ini dilakukan oleh Ma'mun dan President of Public Financial Manager In Jae Kang, PhD.

Kerja sama tersebut meliputi pertukaran peneliti dan mahasiswa, penelitian bersama, bergabung dalam aktivitas kebijakan ODA (Official Development Assistance), seminar dan simposium, pertukaran materi akademik, serta pendidikan dan pelatihan bahasa Korea atau Indonesia. Penandatangan kerja sama turut dihadiri oleh Wakil Rektor I UMJ Dr. Muhammad Hadi, MKep, Wakil Rektor III UMJ Dr Rini Fatma Kartika, MH, Wakil Rektor IV UMJ Dr Septa Candra, MH, dan Dekan FEB UMJ Dr Luqman Hakim, MSi.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement