Senin 26 Aug 2024 16:14 WIB

Di Depan Airin, Megawati Cerita Pernah Sentil Andika Soal Stunting

Megawati minta Airin menangani stunting jika menang Pilgub Banten 2024.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri.
Foto: ANTARA FOTO/Monang Sinaga
Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri meminta bakal calon gubernur Airin Rachmi Diany untuk memprioritaskan agenda penihilan stunting jika nanti terpilih dan memenangi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2024. Hal itu disampaikan Megawati saat berpidato setelah memberikan rekomendasi kepada pasangan Airin-Ade Sumardi pada Pilkada Banten 2024 di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (26/8/2024).

"Masih banyak itu anak stunting. Nanti kalau Ibu Airin cepat-cepat itu, yang namanya Banten, kalau jadi situ, ya, stunting kok pakai persen-persen. Stunting itu, ya, nol," kata Megawati dalam pidatonya.

Baca Juga

Menurut Megawati, stunting tidak hanya membuat manusia tumbuh kerdil, tetapi juga memiliki intelligence quotient (IQ) yang rendah. Presiden Ke-5 RI itu bercerita, pernah menegur Jenderal (Purn) Andika Perkasa saat menjabat panglima TNI. Saat itu, Andika menurunkan syarat tinggi badan pendaftaran menjadi TNI dari 170 sentimeter (cm) menjadi 160 cm.

"Eh, Dik (sapaan Andika), bagaimana sih kamu Panglima, malah nurunin ini, tinggi badan, tadinya 170, sekarang diturunin 160," ucap Megawati kepada Airin. Kebetulan pula, Andika hadir lantaran mendapat rekomendasi maju Pilgub Jawa Tengah (Jateng) 2024.

Megawati mengingatkan, stunting merupakan lawan bagi negara. Dia pun tidak ingin generasi muda bangsa Indonesia justru mengalami stunting. "Bagaimana regenerasi kita kalau anak bangsanya kena stunting? Sudah pendek, kurus, betul, loh. Mungkin tidak sampai 100 kali IQ-nya, mungkin di bawah itu 80-an, aduh mau ngajarinnya susah loh, gitu loh," jelas Megawati.

Putri Proklamator RI itu meminta Airin untuk cerewet soal mengatasi stunting apabila nanti memimpin di Provinsi Banten.

Sebelumnya, PDIP mengumumkan pasangan Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi sebagai bakal calon kepala daerah yang diusung partai berlambang banteng moncong putih untuk maju pada Pilgub Banten 2024. "Dari provinsi Banten, Ibu Airin Rachmi Diany didampingi Ketua DPD PDIP Banten Ade Sumardi," ujar Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto.

Menurut Hasto, pengusungan Airin-Ade bukan perkara mudah karena sempat terhambat beberapa kali. Akan tetapi, dia menegaskan saat ini Banten sudah bergelora. "Jadi, Banten ini sudah bergelora. Kemarin rakyat sudah mengukuhkan pasangan ini meskipun ada hambatan kiri kanan," ujar Hasto.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement