Senin 26 Aug 2024 16:36 WIB

Sinergi Akademik, Dosen dan Mahasiswa UNM Sukses Terbitkan Penelitian

Penelitian memberikan wawasan bagi pelaku bisnis mengoptimalkan strategi pemasaran.

Red: Gita Amanda
Tim riset yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Universitas Nusa Mandiri (UNM) berhasil menerbitkan artikel ilmiah yang terindeks di Science and Technology Index (SINTA) 5.
Foto: Universitas Nusa Mandiri
Tim riset yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Universitas Nusa Mandiri (UNM) berhasil menerbitkan artikel ilmiah yang terindeks di Science and Technology Index (SINTA) 5.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim riset yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Universitas Nusa Mandiri (UNM) berhasil menerbitkan artikel ilmiah yang terindeks di Science and Technology Index (SINTA) 5. Kolaborasi nyata antara dosen dan mahasiswa ini mencerminkan komitmen kuat terhadap kemajuan riset yang tidak hanya memperkuat reputasi Universitas Nusa Mandiri (UNM) sebagai institusi pendidikan berkualitas, tetapi juga menginspirasi komunitas akademik lainnya untuk terus berinovasi dan berkarya.

Artikel yang dihasilkan oleh tim riset ini berjudul “Dinamika Minat Beli Konsumen: Peran Kualitas Produk dan Promosi yang Efektif di Shopee” berfokus menyoroti betapa pentingnya kualitas produk dan strategi promosi efektif dalam memengaruhi minat beli para konsumen di platform e-commerce terpopuler di Indonesia, yaitu Shopee. Melalui pendekatan ilmiah yang komprehensif, penelitian ini memberikan wawasan baru bagi pelaku bisnis dalam mengoptimalkan strategi pemasaran mereka.

Baca Juga

Muhammad Abdullah selaku dosen pembimbing dalam penelitian ini mengatakan bahwa kolaborasi antara dosen dan mahasiswa ini merupakan langkah penting dalam pengembangan kemampuan riset dan inovasi mahasiswa. “Kami berharap publikasi ini dapat menjadi referensi berharga bagi studi lanjutan di bidang e-commerce dan pemasaran,” kata Abdullah dalam keterangan rilis yang diterima, Senin (26/8/2024).

Sementara itu, Marcella Gouwtami, selaku perwakilan mahasiswa dalam kelompok riset ini mengungkapkan bahwa pengalaman serta ilmu yang sangat berguna telah didapatkan melalui penelitian ini. “Hal ini menandai awal yang sangat baik bagi para mahasiswa karena dengan adanya kolaborasi bersama dosen menjadikan mahasiswa bisa terus memberikan inovasi dan pengembangan pola pikir mahasiswa,” ungkap Marcella.

Selain itu, kata Marcella sebagai bagian dari civitas akademika Universitas Nusa Mandiri (UNM) kami juga punya harapan jika penelitian ini bisa dijadikan sebagai acuan dan sumber informasi yang mendalam untuk penelitian lebih lanjut di bidang e-commerce dan pemasaran di masa depan.

Pada kesempatan ini, Instianti Elyana sebagai ketua Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) mengemukakan bahwa ia sangat mengapresiasi inisiatif kolaborasi penelitian antara dosen dan mahasiswa Prodi Manajemen ini.

“Topik yang diteliti juga sangat relevan dalam konteks perdagangan elektronik yang semakin berkembang pesat, khususnya di Indonesia. Penelitian ini tidak hanya memberikan wawasan yang berharga mengenai perilaku para konsumen dalam platform e-commerce, tetapi juga memperkuat kompetensi akademik dan keterampilan analitis mahasiswa melalui keterlibatan langsung dalam penelitian,” jelas Elyana.

Ia juga menegaskan kolaborasi semacam ini merupakan bagian dari upaya kami untuk meningkatkan kualitas pendidikan, dimana mahasiswa tidak hanya menerima teori di kelas tetapi juga terlibat dalam penelitian yang aplikatif dan sesuai dengan perkembangan industri.

“Kami berharap hasil dari penelitian ini dapat memberikan kontribusi yang penting bagi pengembangan strategi bisnis yang lebih efektif, khususnya dalam hal meningkatkan minat beli konsumen melalui peningkatan kualitas produk dan promosi yang tepat sasaran. Selain itu, penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengembangan kurikulum yang lebih adaptif terhadap kebutuhan pasar dan industri di masa depan,” kata Elyana.

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement