Senin 26 Aug 2024 16:43 WIB

Kriya Nusa 2024 Pamerkan Karya Unggulan Perajin Muda Indonesia

Pameran ini akan digelar pada 28 Agusus hingga 1 September 2024.

Rep: Lintar Satria/ Red: Satria K Yudha
Konferensi pers pelaksanaan pameran Kriya Nusa 2024, di Jakartam Senin (26/8/2024).
Foto: Lintar Satria
Konferensi pers pelaksanaan pameran Kriya Nusa 2024, di Jakartam Senin (26/8/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) kembali menggelar pameran kriya terbesar di Indonesia, Kriya Nusa. Pameran yang bertujuan mempromosikan produk seni kriya  ini telah menjadi ikon pameran kerajinan atau seni kriya terbesar di Indonesia. 

Pameran Kriya Nusa digelar pada 28 Agustus hingga 1 September 2024 di Hall A dan Hall B Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat. Pameran industri kreatif ini melibatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan Dekranas dari Sabang sampai Merauke, serta berbagai pihak, mulai dari Kementerian, BUMN, dan individu-individu terkait. "Kami ingin mengajak perajin-perajin muda ikut serta dalam pameran," kata Wakil Ketua Pelaksana Kriya Nusa Elizabeth Thohir dalam konferensi pers, Senin (26/8/2024).

Elizabeth mengatakan penting untuk mengajak penrajin-penrajin muda berkolaborasi dengan perancang busana. Ia menambahkan kolaborasi ini akan menghasilkan produk yang unik, kreatif, berbeda dan kekinian. Sehingga, para pengrajin muda tertarik untuk memasarkan produk-produk mereka.

Elizabeth mengatakan salah satu cara Dekranas menarik penrajin muda untuk berpartisipasi dalam Kriya Nusa tahun ini dengan bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. "Ada Program PKW (Pendidikan Kecakapan Wirausaha) tekun tenun, jadi kami menarik kegiatan ini untuk melatih, membina penenun yang muda-muda, jadi kami bisa mengajak penenun muda untuk lebih giat dalam melestarikan budaya," kata Elizabeth.