Senin 26 Aug 2024 17:57 WIB

Misa Akbar Paus Fransiskus akan Dihadiri 86 Ribu Umat Katolik

Paus Fransiskus akan berada di Indonesia pada 3-5 September 2024.

Red: Hasanul Rizqa
Paus Fransiskus
Foto: AP/Andrew Medichini
Paus Fransiskus

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 86 ribu umat Katolik diprediksi hadir dalam ibadah massal di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, pada 5 September 2024 mendatang. Misa akbar itu terbilang spesial karena akan dipimpin langsung oleh Paus Fransiskus

"Misanya itu direncanakan satu setengah jam dengan umat sebanyak 86 ribu," kata Juru Bicara Panitia Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia Rm Thomas Ulun Ismoyo, Senin (26/8/2024).

Baca Juga

Ia menjelaskan, penyelenggaraan misa akbar tersebut akan berlangsung di dua lokasi, yakni Stadion Utama GBK dan Stadion Madya. Masing-masing berkapasitas 60 ribu orang dan 26 ribu orang.

Paus Fransiskus, lanjut Thomas, begitu tiba di GBK akan berkeliling Stadion Utama dan Stadion Madya. Pemimpin gereja Katolik sedunia itu direncanakan menyapa jemaat yang hadir dalam misa akbar. Adapun agenda selanjutnya ialah doa bersama yang dipimpin tokoh kelahiran Argentina tersebut.

"Dalam doa bersama itu, pasti pertama pesannya adalah bagaimana kita terus mewartakan kebaikan kasih Tuhan kepada banyak orang di tempat di mana kita berada, yaitu Indonesia," papar Thomas.

Pihak panitia akan memfasilitasi umat Katolik yang tidak dapat menghadiri langsung misa akbar di GBK. Seluruh rangkaian ibadah itu akan disiarkan melalui kanal daring.

Thomas mengimbau kepada jemaat yang akan hadir di misa akbar nanti untuk mengikuti kegiatan tersebut secara tertib. Mereka diharapkan mematuhi semua petunjuk yang dibuat penyelenggara.

"Mohon semua petunjuk-petunjuk yang sudah diberikan dan akan terus dimatangkan di kemudian hari, ini bisa dilaksanakan dengan baik," katanya.

Sebelumnya, Vatikan mengonfirmasi bahwa pemimpin gereja Katolik sedunia Paus Fransiskus akan melakukan perjalanan apostolik ke RI, Papua Nugini, Timor Leste dan Singapura. Lawatan di empat negara tersebut berlangsung pada 2-13 September 2024.

Indonesia menjadi negara pertama dalam rangkaian kunjungan Paus ke kawasan Asia Pasifik, yaitu pada tanggal 3-6 September 2024.

Kemudian, Paus akan melanjutkan kunjungan ke Port Moresby dan Vanimo (Papua Nugini) dari 6-9 September 2024. Adapun lawatan ke Dili (Timor Leste) dilakukan pada 9-11 September 2024 dan Singapura dari 11-13 September 2024.

Paus Fransiskus dijadwalkan tiba di Indonesia pada tanggal 3 September 2024 siang. Keesokan harinya, pada 4 September 2024, ia dijadwalkan bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta.

Pada 5 September 2024, Paus Fransiskus akan menghadiri pertemuan antarpemuka umat agama-agama di Masjid Istiqlal. Selanjutnya, ia berjumpa dengan para penerima manfaat organisasi-organisasi amal di kantor Konferensi Waligereja Indonesia (KWI).

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement