Senin 26 Aug 2024 19:30 WIB

KLKH: 183 Hektare Hutan dan Lahan di Jawa Tengah Terbakar Selama 2024

Pada 2023, kebakaran lahan dan hutan mencapai 9.966 hektare.

Red: Karta Raharja Ucu
Ilustrasi Kebakaran Hutan
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi Kebakaran Hutan

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG — Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyebutkan luasan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Jawa Tengah sepanjang tahun ini periode Januari-Juli 2024 mencapai 183 hektare. Kepala Balai Pengendalian Perubahan Iklim Wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara KLHK Haryo Pambudi, menyebutkan kebakaran paling luas di Kabupaten Tegal yang mencapai 45 ha.

“Pada 2023, luasan hutan dan lahan terbakar di Jateng mencapai 9.966 ha, dan tertinggi adalah di Blora seluas 2.863 ha, Brebes Selasa 940 ha, dan Kabupaten Semarang seluas 690 ha,” kata dia di Semarang, Senin (26/8/2024).

Dia berkata, walaupun luasan kebakaran hutan tahun ini lebih sedikit dibanding tahun lalu, masyarakat tetap diimbau untuk waspada terhadap terjadinya kebakaran karena masih musim kemarau. Karena itu, Sekretaris Daerah Jawa Tengah Sumarno meminta para pemangku kepentingan dan masyarakat meningkatkan kesiapsiagaan guna mencegah terjadinya karhutla.

"Kebakaran hutan dan lahan harus dicegah. Karena hutan mempunyai fungsi sangat strategis dan merupakan salah satu penyeimbang lingkungan," katanya, di sela rakor pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Rimba Graha Semarang.

Menurut dia, faktor alam bukan satu-satunya penyebab karhutla, namun faktor ulah manusia juga kerap jadi salah satu penyebabnya. Karena itu, ia mengingatkan aktivitas yang berpotensi menyebabkan kebakaran, seperti membuang puntung rokok di sekitar kawasan hutan harus dihindari. Sumarno berharap kepedulian masyarakat dalam menjaga hutan agar tetap lestari terus ditingkatkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Jateng Widi Hartanto menyampailan Jateng punya luasan hutan sebesar 1.292.535 ha, terdiri dari kawasan hutan dan hutan rakyat. Upaya pencegahan, kata dia, penting dilakukan seluruh pihak agar tak terjadi kebakaran hutan.

“Peran dari masyarakat sangat luar biasa. Sehingga adanya rakor seperti ini, diharapkan ke depan tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan," katanya.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement