Senin 26 Aug 2024 21:16 WIB

Tenaga Kerja di Jabar yang Sudah Terlindungi BPJS Ketenagakerjaan Capai 5,9 Juta

Paritrana Award menjadi pemicu Pemda dan pelaku usaha melindungi pekerjanya

Red: Arie Lukihardianti
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin memberikan Penghargaan Paritrana Award 2024
Foto: Dok Republika
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin memberikan Penghargaan Paritrana Award 2024

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) berkolaborasi dengan BPJS Ketenagakerjaan. Yakni memberikan penghargaan kepada pemerintah kabupaten/kota dan badan usaha di Jabar yang telah optimal dalam melaksanakan program jaminan sosial ketenakerjaan.

Sejumlah instansi pemerintah daerah dan perusahaan swasta di Jabar mendapat Penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Paritrana Award) 2023 di Gedung Sate, akhir pekan ini.

Baca Juga

Pemberian Paritrana Award merupakan apresiasi untuk mendorong terwujudnya cakupan keseluruhan (universal coverage) perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Indikatornya antara lain tingginya kepedulian dan partisipasi aktif pemerintah daerah atau perusahaan dalam mendorong perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Menurut Kepala Kanwil BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Jabar, Romie Erfianto, 5,9 juta tenaga kerja di Jabar yang sudah terlindungi program Jamsostek berasal dari sektor formal sebanyak 5 juta orang dan sektor informal 923.000 orang.

Romie mengatakan, untuk mengoptimalkan pelaksanaan program Jamsostek, pihaknya akan fokus pada strategi perluasan kepesertaan di perdesaan, pasar, UKM, e-commerce, dan pekerja rentan. “Untuk optimalisasi program pelaksanaan Jamsostek BPJS Jabar fokus pada strategi perluasan kepesertaan pada ekosistem desa, ekosistem pasar, UKM, e-commerce serta pekerja rentan,” ujar Romie.

Selain itu Romie berharap, Paritrana Award menjadi pemicu bagi pemerintah daerah dan pelaku usaha untuk melahirkan inovasi baru dalam upaya melindungi tenaga kerja. “Pemerintah daerah dan pelaku usaha harus berlomba-lomba melahirkan inovasi baru untuk melindungi pekerja,” katanya.

Romie Erfianto menjelaskan, Paritrana Award sebagai upaya mewujudkan universal coverage perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan untuk menuju keadilan dan kesejahteraan sosial. Tujuannya, untuk meningkatkan awareness (kesadaran) dan peran aktif pemerintahan provinsi, pemerintah kabupaten/kota dan pelaku usaha dalam meningkatkan perlindungan dan meningkatkan kepatuhan terhadap regulasi jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Terima kasih kepada Pj Gubernur Jabar dan semua pemerintah kabuaten/ kota serta sektor usaha terkait dukungan terhadap pelaksanaan program BPJS Ketenagakerjaan di Jabar. Semoga sinergitas ini bisa terus terjalin dan lebih baik lagi,” paparnya.

Sementara menurut Penjabat (Pj) Gubernur Jabar Bey Machmudin yang hadir dalam Paritrana Award 2024, penghargaan tersebut merupakan bukti nyata dari komitmen pemerintah dan pelaku usaha dalam memperhatikan keselamatan dan kesejahteraan pekerjanya.

"Penghargaan ini adalah bukti nyata dalam memperhatikan keselamatan dan kesejahteraan pekerja," kata Bey.

Bey mengatakan, perlindungan sosial bagi tenaga kerja adalah kebutuhan yang sangat penting. Saat ini penduduk yang bekerja di Jabar mencapai 23 juta orang. "Kami memiliki tanggung jawab untuk memastikan para pekerja terlindungi oleh program Jamsostek," katanya.

Dari 23 juta orang yang bekerja, kata dia, 18,9 juta di antaranya berhak mendapatkan perlindungan sosial. Namun dari angka tersebut baru 31,4 persen yang telah terlindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan. "Baru 5,9 juta pekerja atau 31,4 persen yang telah terlindungi BPJS Ketenagakerjaan. Tentu capaian ini masih jauh dari target universal coverage yang kita cita-citakan," kata Bey.

Oleh karena itu Paritrana Award ini menjadi pendorong untuk meningkatkan partisipasi program Jamsostek. "Kami mengapresiasi Paritrana Award sebagai upaya meningkatkan kepesertaan program Jamsostek," kata Bey.

Berikut List Pemenang Paritrana Award Tingkat Daerah Provinsi Jawa Barat Tahun 2023

Kategori Pemerintah Daerah Kab/ Kota :

1. Kab. Bandung

2. Kab. Sumedang

3. ⁠Kota Sukabumi

Kategori Sektor Keuangan dan Perbankan

Bank BJB

Kategori Sektor Perdagangan dan Jasa :

1. RS Lira Medika Karawang

2. RS Hosana Medika Pratama Cikarang

3. PT Sentral Multi Indonesia Bekasi

Kategori Sektor Usaha Pertambangan dan Manufaktur

1. PT Fukoku Tokai Rubber Indonesia Cikarang

2. PT Meiwa Indonesia Depok

3. YKK Indonesia Zipper Depok

Kategori Pemerintah Desa

1. Desa Arjasari Kec. Arjasari Kabupaten Bandung

2. ⁠Desa Cidokom Kec. Gunung Sindur Kabupaten Bogor

3. Desa Citengah Kec. Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang

Kategori UKM

1. Dodol Picnic Garut Herlinah Cipta Pratama

2. Kue Mochi An Nur Kota Sukabumi

3. Warung Kiara Besar Cianjur

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement