Senin 26 Aug 2024 22:05 WIB

Pakar ITB Ungkap Ini Hasil Penelitian Kandungan BPA di Galon Air

Dari empat merek AMDK galon yang diuji tidak menunjukkan ada BPA yang membahayakan

Red: Arie Lukihardianti
Kepala Laboratorium Teknologi Polimer dan Membran ITB, Dr Akhmad Zainal Abidin (kiri)
Foto:

“BPA ini tidak lepas dari kehidupan sehari hari kita. Suka tidak suka, sadar tidak sadar kita terpapar oleh BPA. Jadi, hal yang perlu diperhatikan pada kemasan ini adalah batas aman, dan itu sudah diatur oleh regulator,” katanya.

Sementara menurut Dokter Spesialis Penyakit Dalam dengan subspesialis Endokrinologi, Metabolisme, dan Diabetes, Dr dr Laurentius Aswin Pramono, masyarakat jangan parno dengan berbagai pemberitaan atau informasi adanya kandungan BPA pada AMDK galon. Karena, selama ini tidak ada kasus seseorang terkena penyakit akibat BPA pada kandungan air minum.

Namun, kata dia, saat ini narasi mengenai bahaya BPA bagi kesehatan masyarakat terus berkembang. Padahal, belum ada riset dan kesepakatan ahli yang mendasari pernyataan tersebut.

"Belum ada penelitian yang secara pasti membuktikan BPA menyebabkan gangguan kesehatan. Saya tegaskan bahwa sampai saat ini, belum ada bukti kuat atau data ilmiah yang cukup untuk menyatakan bahwa BPA dapat menyebabkan masalah kesehatan, baik itu gangguan hormonal atau bahkan diabetes," kata Laurentius.