Selasa 27 Aug 2024 07:34 WIB

Banjir Bandang Ternate: 16 Warga Meningal, Tiga Hilang

Banjir terjadi di wilayah Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, Pada Minggu (25/8) pukul 03:30 WIT yang menyebabkan 16 warga meninggal dunia.

Rep: fatkur / Red: Partner
.
Foto: network /fatkur
.

Dok. BNPB

TOPNEWS62.COM, TERNATE - Dikutip dari BNPB, Banjir terjadi di wilayah Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, Pada Minggu (25/8) pukul 03:30 WIT yang menyebabkan 16 warga di Kelurahan Rua, Kecamatan Pulau Ternate dinyatakan meninggal dunia.

Berdasarkan laporan yang diterima BNPB pada Senin (26/8) pukul 16:00 WIT, dilaporkan jumlah korban MD yang sebelumnya sebanyak 13 jiwa menjadi 16 jiwa dan tiga diantaranya masih dalam proses identifikasi. Warga yang mengalami luka-luka bertambah menjadi delapan yang sebelumnya dua serta tiga warga hilang masih dalam pencarian. Adapun penambahan kerugian materil yang tercatat, sebanyak 25 unit rumah dan satu unit rumah ibadah rusak berat akibat terjangan banjir.

Kondisi terkini, cuaca di Kota Ternate terpantau hujan. Upaya percepatan pendataan kerugian materil dan non materil, pembersihan material banjir, evakuasi warga terdampak serta pencarian tiga warga yang masih dinyatakan hilang, terus diupayakan BPBD Kota Ternate bersama TNI, Polri, Basarnas, relawan dan masyarakat setempat.

BPBD Kota Ternate sudah mendirikan dua pos pengungsian yang terletak di SMK Negeri 4 Kota Ternate dan SD Negeri 66 Kota Ternate, sehingga bantuan dari berbagai pihak bisa langsung disalurkan ke warga terdampak.