Selasa 27 Aug 2024 11:28 WIB

Saat Dinikahi Rasulullah, Apakah Maria Al-Qibtiyah Sudah Bersyahadat?

Istri-istri Nabi cemburu atas kehadiran wanita Mesir itu.

Rep: Muhyiddin/ Red: A.Syalaby Ichsan
ILUSTRASI Rasulullah SAW.
Foto:

Pakar sejarah Islam dan ahli fikih Indonesia, Ustaz Ahmad Sarwat, mengatakan, pada saat Rasulullah menikahi Maria AlQib tiyah, belum diketahui secara pasti apakah saat itu Maria sudah membaca syahadat atau masih belum. Karena, menurut dia, riwayat yang ada masih simpang siur.

"Riwayatnya itu rada banyak yang simpang siur. Ada yang bilang dia (Maria) belum masuk Islam. Ada yang bilang dia sudah masuk Islam," ujar Ustaz Sarwat kepada Republika beberapa waktu lalu.

Namun, menurut dia, sebenarnya itu bukan masalah pernikahan beda agama karena Maria adalah seorang budak yang dihadiahkan untuk Rasulullah. Menurut dia, saat itu, Maria tidak dinikahi seperti pada umumnya pernikahan yang harus ada akad nikah.

photo
Umat muslim mengunjungi Pemakaman Baqi, Kota Madinah, Sabtu (8/6/2024). Jamaah yang datang ke komplek pemakaman keluarga Nabi Muhammad shalallahu alaihi wassalam tersebut diizinkan untuk berziarah dengan cara melintasi dan dilarang untuk berhenti. Di komplek Pemakaman Baqi dikebumikan sejumlah keluarga Rasulullah dan para sahabat. Di antaranya Sayyidah Aisyah, Fatimah, Ali bin Abu Thalib, dan sahabat mulia Utsman bin Affan. - (Karta/Republika)

"Jadi, begitu dihadiahkan kepada Rasulullah, dia (Maria) itu menjadi miliki Rasulullah," kata direktur Rumah Fikih Indonesia ini.