Selasa 27 Aug 2024 11:29 WIB

Ini Jawaban Bahlil Mengapa Berubah Pikiran Tunjuk Kembali Airin di Pilgub Banten

Bahlil mengaku sudah komunikasikan perubahan dukungan itu ke Gerindra dan KIM.

Rep: Thr/ Red: Teguh Firmansyah
Bahlil Lahadalia, ketum Golkar.
Foto: Republika/Prayogi
Bahlil Lahadalia, ketum Golkar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketum Partai Golkar Bahli Lahadalia berubah pikiran. Setelah sebelumnya bakal mengusung pasangan dari KIM (Koalisi Indonesia Maju) Plus Andra Soni dan Dimyati di Pilgub Banten, kini Bahlil sepakat untuk mengusung kadernya sendiri Airin Rachmy Diany dan Ade Sumardi dari PDIP.

Lantas apa yang membuat Bahlil berubah pikiran?

Baca Juga

Menurut Bahlil ada lobi-lobi politik di balik putusan untuk menunjuk kembali Airin. Negosiasi, kata ia, berjalan terus hingga keputusan akhir dibuat. Namun Bahlil tidak menyebutkan lobi-lobi politik seperti yang terjadi di internal Golkar.

Bahlil hanya menekankan bahwa politik itu dinamis. Ia pun telah berkomunikasi dengan Gerindra selaku pendukung utama di koalisi Andra Soni-Dimyati Natakusumah.

"KIM baik-baik saja, kompak sampai tadi malam. Saya berkewajian untuk komunikasikan ini semua dalam rangka keberasamaan. Saya pikir Prabowo dan Dasco tokoh besar untuk memajukan bangsa," ujar Bahlil.

Prabowo, kata Bahlil, telah menyerahkan ke masing-masing anggota partai koalisi di Pilkada. Pilgub Banten ini, jelas Bahlil, adalah salah satu bentuk nyata dan autentik dari perbedaan itu.

"Untuk Provinsi Banten yang pasti ditunggu-tunggu ini prosesnya panjang, pasti barang bagus banyak minat, kalau gak barang bagus sedikit yang berminat, saking bagus ada juga yg minat," ujar Bahlil.

Sejatinya DPD Golkar Banten telah mengusulkan nama Airin ke DPP untuk maju di Pilgub Banten. Bahkan Golkar di bawah Airlangga Hartarto ketika itu sudah mengeluarkan surat rekomendasi kepada Airin.

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement