Selasa 27 Aug 2024 13:34 WIB

Apa Beda Muslim, Kafir, dan Munafik Saat Jalani Malam Pertama di Alam Kubur?

Setiap umat manusia akan hadapi ragam peristiwa di malam pertama barzakh

Red: Nashih Nashrullah
Ziarah kubur (ilustrasi). http://republika.co.id/berita//siq2z7320/nubuat-masa-depan-rasulullah-saw-terbukti-3-fenomena-umat-akhir-zaman-ini-terjadi  Nubuat Masa Depan Rasulullah SAW Terbukti, 3 Fenom
Foto:

Ada beberapa pendapat para ulama tentang pertanyaan dua malaikat Munkar dan Nakir kepada orang yang belum mukallaf, seperti anak kecil: Ada yang mengatakan bahwa ia harus ditanya, karena dalil-dalil umum, dan ada juga yang mengatakan bahwa ia tidak boleh ditanya, karena ia tidak termasuk wajib agama.

Banyak ulama yang mengatakan bahwa kenikmatan dan siksaan itu terjadi pada jiwa manusia, dan terkadang berhubungan dengan jasad, dan bahwa siksaan bagi orang kafir itu terus menerus.

Sedangkan bagi orang mukmin itu sesuai dengan kadar dosa-dosa mereka, dan bahwa kenikmatan bagi orang-orang mukmin itu jelas dan terus menerus, dengan demikian memenuhi janji Allah SWT kepada mereka.

Siksa orang mukmin yang durhaka berbeda-beda, ada yang diampuni oleh Allah SWT sehingga tidak disiksa di dalam kuburnya, ada yang dosanya sedikit sehingga disiksa sesuai dengan kadar dosanya, kemudian siksaannya diangkat, bisa terputus atau terangkat dengan doa, sedekah, ampunan, pahala haji, dan amal-amal saleh lainnya.