Selasa 27 Aug 2024 14:15 WIB

Syarah Hadits: Allah Memberi Rezeki sesuai Upaya dan Ambisi HambaNya

Berusahalah dalam mencari rezeki dan jangan tinggalkan doa.

Red: Muhammad Hafil
Rezeki Ilustrasi
Foto: republika
Rezeki Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Allah memang sudah mengatur dan menentukan rezeki seseorang. Namun, Allah juga menakar pemberian rezeki sesuai dengan kegiatan hamba-Nya.

"Allah memberi rezeki kepada hambaNya sesuai dengan kegiatan dan kemauan kerasnya serta ambisinya." (HR Aththusi).

Baca Juga

Buya Muhammad Alfis Chaniago dalam Indeks Hadits dan Syarah I menjelaskan, Allah pada dasarnya memberikan jalan kepada semua hambaNya untuk mendapatkan rezeki sebanyak mungkin seperti yang dia inginkan. Tapi banyak sedikitnya pada dasarnya tergantung kepada upaya manusianya sendiri, apakah dia berusaha dengan sekuat tenaga atau hanya sekadarnya saja.

Hal ini tercemin dalam hadits yang diriwayatkan Aththusi di atas. Tetapi selain karena upaya manusia, sebenarnya ada hal yang juga sangat menentukan. Yaitu, ketentuan Allah.

Surat Ar-Rum Ayat 37:

أَوَلَمْ يَرَوْا۟ أَنَّ ٱللَّهَ يَبْسُطُ ٱلرِّزْقَ لِمَن يَشَآءُ وَيَقْدِرُ ۚ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَٰتٍ لِّقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ

A wa lam yarau annallāha yabsuṭur-rizqa limay yasyā`u wa yaqdir, inna fī żālika la`āyātil liqaumiy yu`minụn

Dan apakah mereka tidak memperhatikan bahwa Sesungguhnya Allah melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya dan Dia (pula) yang menyempitkan (rezeki itu). Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang beriman.

"Untuk itu berusahalah sekuat tenaga dalam mencari rezeki dan jangan pernah berhenti berdoa kepada Allah agar melapangkan rezeki kita," tulis Buya Alfis Chaniago.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement